Cara memasukkan simbol ladder diagram


Rangkayan kontrol adalah salah satu ilmu wajib apabia anda menekuni ilmu kelistrikan dimana hampir sekarang ini motor listrik  harus dikendalikan suatu sistem untuk mengamankan motor listrik itu sendiri. Tentu bila kita telusuri secara kasat mata bisa melihat ditempat tempa perbelanjaan seperti lift pasti dikendalikan suatu sitem yang dapat mengatur berhenti dilantai sekian dan naik dilantai sekian akan  bisa teratur seperti yang di inginkan  para penggunanya.

Seperti contoh diatas kita akan mempelajari cara membuat rangkayan dalam plc. Dalam memprogram sebuah plc kita tentu harus mempelajari symbol symbol listrik.
 Nah hal ini akan kita mempelajari bagaimana cara memasukkan symbol symbol listrik tersebut kedalam program plc berikut pemaparannya:
 Diagram untuk membuat kontak N/O tekan huruf C maka akan muncul sepeerti gambar dibawah ini
Setelah itu isikan address pada kolom misalanya address input 0.01 lalu klik detail untuk membuat nama/comment input tersebut lalu klik ok

Untuk memasukkan simbol N/C tekan / (garis miring) dan isi alamat input/output pada kolom. Lihat gambar dibawah ini.
Setelah itu isi data pada kolom lalu klik detail isi comment lalu klik ok.

Untuk membuat output, tekan huruf O pada keyboard maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
Setelah itu isi adress output pada kolom misalnya10.00 lalu klik detail isi comment dan selanjutnya klik ok

Untuk membuat instruksi  seperti timer, counter, move, scalling, Difu, IL-ILC dll tekan huruf I lalu akan muncul sepertig gambar dibawah ini.
Ketik pada kolom, nama instruksi yang akan dipakai.misalnya ketik tim untuk timer, ketik CNT untuk counter dan lain lain setelah itu klik detail.

Selanjutnya untuk memasukkan symbol yang lain misalnya
Ctrl+ untuk membuat garis horizontal
Ctrl+ untuk membuat garis vertikal
Tekan huruf R untuk menambah network ditengah network yang lain

Demikianlah cara memasukkan simbol ladder diagram dalam membuat program plc semoga artikel ini menambah wawasan kita dalam proyek kita terima kasih.