Mengetahui fungsi AVR pada genset


Generator adalah sebuah mesin listrik yang bisa menghasilkan arus bolak balik. Seperti kita ketahui bahwa listrik yang kita gunakan di rumah kita adalah arus listrik yang dihasilkan genset arus bolak balik yang berasal dari genset pln yang dihubungkan ke rumah rumah. Genset kita kenal dengan dua jenis yaitu genset arus bolak balik tiga fasa dan satu fasa.

Pada masing masing genset terdapat komponen komponen gneset yang sangat penting antara lain ,ampere meter, voltmeter dan AVR (automatic voltage regulator) . Dari komponen komponen diatas masih sebagian yang bisa saya sampaikan karena yang akan saya bahas disini adalah hanya avr.

Adapun fungsi dari komponen seperti ampere meter adalah untuk mengetahui  berap banyak yang kita gunakan arus listrik. Sedangkan voltmeter berfungsi untuk mengetahui tegangan yang dihasilkan oleh generator tersebut. Bila kedua fungsi komponen tersebut marilah  kita bahas topik utama kita AVr.

AVR adalah singkatan dari automatic voltage regulator yang artinya adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengatur output tegangan yang dihasilkan oleh genset tersebut. Mengenai fungsi dari avr tersebut pada generator arus bolak balik adalah sebagai berikut :

1. Sebagai alat untuk mengatur tegangan output yang dihasilkan oleh genset

2. Sebagai penstabil dan pengatur tegangan jatuh (drop voltage) pada generator yang dipasang secara paralel atau lebih dari satu genset

3. Sebagai pengaman sistem tegangan lebih (over voltage) dan pengaman sistem arus lebih (over current) pada generator

Demikianlah fungsi AVR pada generator arus bolak balik semoga bermanfaat dan terimakasih.