Cara menggunakan megger


Megger adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur besaran tahanan isolasi dalam peralatan listrik. Megger bisa digunakan juga untuk menentukan atau memastikan atau memperbaiki peralan listrik tenaga seperti : transformator, generator, motor listrik serta mengukur tahanan isolasi jaringan SUTM.

Megger digunakan dalam memeriksa kemungkinan apakah peralatan listrik tersebut terjadi gangguan seperti gangguan hubungan singkat antar phasa, hubungan singkat phasa dengan body ataupun antar phasa. Sehingga dengan demikian bisa dipastikan bahwa keberadan megger dalam pengerjaan listik sangat penting.

Hal hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah memakai megger antara lain :

1. Skala ukur yang dipakai harus lebih besar daripada alat yang diukur. Misalnya jika akan mengukur tahanan isolasi motor 380volt maka gunakanlah skala ukur megger yang lebih besar seperti 500 volt.

2. Sebelum mengukur pastikan bahwa peralatan yang di ukur dalam keadaan stop dan tidak ada arus listrik yang mengalir.

3. Setelah mengukur, pastikan untuk grounding kembali peralatan yang di ukur, karena teknik pengukuran  megger adalah dengan menggunakan tegangan  listrik jika tidak digroundingkan akan mengakibatkan kita kena setrum saat menghubungkan kembali

4. Cara grounding setelah  pengukuran megger :hubungkan setiap terminal atau kabel yang diukur dengan body.

Cara  menggunakan megger listrik Digital untuk memperbaiki motor listrik

1. Cek batterai
2. Lakukan cek and zero sesuai prosedur, kalibrasi saat megger off, jarum skala harus tepat pada garis skala., bila tidak tepat, atur pointer ,zero (10) pada alat ukur megger..
3. Lakukan electikal zero
4. Pasang kabel test megger pada terminal serta hubung singkatkan ujung yang lain.
5. Letakkan saklar pemilih pada posisi 500
6. Letakkan saklar skala pemilih di posisi skala1
7. On kan megger, jarum akan bergerak dan harus menunjukkan tepat angka di angka nol
8. Off kan megger dan ulangi pengecekan poin electrical zero
9. Pasang kabel test keperalatan yang akan diukur
10. Pilih tegangan ukur melalui saklar  sesuai tegangan kerja alat yang di ukur
11. On kan megger ,baca tampilan skalanya

Cara membaca hasil alat ukur megger

Bila skala 1 hasil ukur menunjuk, pindahkan pemilih hasi skala 2, bilah hasilnya sama pindahkan ke skala 3, dan tunggu waktu hasil pengukuran yang ditentukan (0.5-1 menit) atau jarum penunjuk tidak bergerak lagi. Catat hasil ukur dan kalikan dengan faktor kali alat ukur, bandingkan hasil ukur dengan standar tahanan isolasi. Nilai terendah 1 Mega ohm /kilo volt.

Demikian artikel yang bisa sampaikan cara menggunakan megger bila ada saran dan kritik mohon berkomentar dikolom komentar untuk membangun blog yang lebih baik.