Cara mengukur motor listrik 3 fasa


Hai sahabat blogger sebelum kita membahas cara mengukur motor 3 fasa saya perlu menjelaskan keberadaan motor listrik yang umum dipakai dalam kehidupan kita maupun didalam rumah tangga dan industri yaitu antara lain yaitu motor listrik DC (direc current) atau motor arus searah, motor listrik 1 fasa dan motor listrik 3 fasa.

Dan dari beberapa motor listrik yang saya sebutkan diatas maka yang akan kita bahas motor listrik 3 fasa dimana kita tahu bahwa motor listrik 3 fasa sering digunakan dalam dunia industri untuk mengerakkan berbbagai mesin seperti menggerakkan conveyer ,mixing coffee dalam berbagai aktivitas sesuai dengan keperluan masing masing mesin.

Untuk itu kita sebagai teknisi,pelajar dan mahasiswa yang bergelut di bidang kelistrikan perlu memiliki pengetahuan untuk mendeteksi kerusakan motor listrik baik yang terbakar,tidak conect yang menyebabkan motor listrik tidak berfungsi.dan inilah yang kita bahas bagaimana sebuah motor listrik kondisi baik,dan saya tidak perlu panjang lebar lagi marilah kita bahas dengan cermat.

Cara mengukur motor listrik 3 fasa


Untuk mengukur motor listrik kita harus memiliki MULTITESTER, dan motor listik 3 fasa dan motor 3 fasa memiliki 6 terminal yaitu U,V ,W X ,Y ,Z  dan memiliki hubungan star dan delta.
1. Pilih posisi selctor multitester falam posisi ohm
2. Hubungkan test lead multitester warna merah  ke terminal U dan W ,bila jarum tester bergerak berarti gulungan U dan W berarti gulungannya kondisi baik,dan sebaliknya jika jarum tester tidak bergerak berarti gulungan motor rusak.
3. Hubungkan test lead merah ke terminal V dan test lead warna hitam ke terminal Y, bila jarum tester bergerak berarti gulungan motor kedua dalam keadaan bagus.dan sebaliknya bila jarum tester tidak bergergerak berarti gulungan motor dalam keadaan rusak.
4. Hubungkan test lead warna merah ke terminal W dan test lead warna hitam bila jarum tester bergerak berarti gulungan motor ke tiga dalam keadaan baik dan sebaliknya .bila jarum tester tidak bergerak berarti dalam keadan tidak bergerak berarti gulungan motor rusak.
5. Bila pengukuran ketiga gulungan motor sudah selesai, maka kita sudah bisa memastikan bahwa motor tersebut baik atau tidak.
Demikianlah cara mengukur motor listrik 3 fasa yang bisa sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua