Cara mensettiing inverter schneider ATV 31


Kontrol dengan referensi internalPada mode ini, pengaturan kecepatan motor dilakukan dengan menggunakan fasilitas internal yang tersedia pada inverter.

Berikut ini adalah langkah mengatur setting inverter untuk memutar motor 3 phasa menggunakan referensi internal dengan arah putaran motor searah jarum jam.

1.      Siapkan modul inverter dan motor 3 phase dengan sambungan seperti gambar berikut ini.  Gambar 5. Pengaturan motor dengan referensi internal
2.  Sambungkan kabel power ke sumber tegangan AC 220 V. Selanjutnya pada display seven segment akan menampilkan nSt (3-wire-control) atau rdy (2- wire-control).
3.      Buka tutup depan inverter
4.      Tekan tombol MODE selama lebih dari 3 detik hingga tampilan led berjalan  pada display berhenti.
5.      Mengeset parameter motor :

Tekan tombol MODE kemudian putar tombol MODE ke kiri atau ke kanan sampai display seven segment menampilkan menu motor control drC. Perhatikan Nameplate pada motor.

Untuk memilih menu dilakukan dengan memutar tombol dan setelah muncul tampilan yang dikehendaki lalu tekan tombol tersebut maka pilihan menu akan tersimpan dan untuk keluar dari menu tekan tombol ESC.

berikutnya setting-lah parameter motor pada menu drC sesuai dengan nameplate pada motor :

Untuk mengeset parameter di atas secara otomatis dapat dilakukan dengan memilih menu drC ® tUn ® YES

6.   Mengeset parameter dasar :

7.   Mengeset pilihan kontrol :

Karena pada bagian ini kita kan mengontrol kecepatan motor 3 phase menggunakan referensi internal, maka pilihlah setting LOCAL configuration seprti pada table di bawah ini.

8.  Apabila tampilan pada display belum muncul rdy , misalnya muncul tnF berkedip, maka tekan tombol MODE selama lebih dari 3 detik hingga tampilan led pada display berjalan, kemudian tekan tombol STOP RESET maka tnF akan hilang dan muncul rdy pada display yang artinya inverter siap dipergunakan.
9.      Untuk menjalankan motor, tekan tombol RUN .
10.  Untuk mengatur kecepatan motor, putar tombol MODE
        Pada display sevent segment dapat ditampilkan setting kecepatan motor.
 11.  Untuk menghentikan / menstop  motor, tekan tombol STOP RESET .

Kontrol 2-wire dengan referensi external

Sistim kontrol 2-wire memiliki 2 masukan yaitu LI1 dan LI2 yang dipergunakan untuk mengatur arah putaran motor.

Jika LI1 on (tersambung ke +24V) dan LI2 off (tidak tersambung ke +24V) maka arah putaran motor adalah searah jarum jam. Jika LI1 off (tidak tersambung ke +24V) dan LI2 on (tersambung ke +24V) maka arah putaran motor adalah berlawanan arah jarum jam.

Tegangan analog 0 s.d. 10 Volt DC sebagai referensi pengaturan kecepatan motor masuk melalui terminal AI1.

 Gambar 6. Diagram control 2-wire dengan referensi external

Seperti pada gambar di atas, tegangan referensi diatur melalui potensiometer yang tegangan sumber + 10 volt diambil dari inverter. Untuk mengatur arah dan jalan serta berhentinya motor disediakan dua buah terminal yang harus disambungkan pada dua buah saklar (bukan tombol) ke terminal LI1 dan LI2. Ada dua kondisi saklar yaitu terhubung ke + 24 volt atau tidak, kalau terhubung kita sebut ON dan kalau tidak terhubung kita sebut OFF.

Berikut ini adalah langkah langkah percobaan control 2-wire dengan refernsi external,

1.      Siapkan modul inverter dan motor 3 phase dengan sambungan seperti gambar.   berikut ini.

 Gambar 7. Pengaturan motor dengan referensi internal
2.   Sambungkan kabel power ke sumber tegangan AC 220 V. Selanjutnya pada display seven segment akan menampilkan nSt (3-wire-control) atau rdy (2- wire-control).
3.     Perhatikan tampilan led apakah berjalan atau tidak, jika tampilan led berjalan, maka inverter sedang berjalan dengan setting local atau menggunakan referensi internal. Oleh karena itu setting harus diubah ke refensi external yaitu dengan cara menakan tombol MODE selama lebih dari 3 detik hingga tampilan led berhenti.
6.      Apabila motor yang dipergunakan tetap sama seperti pada percobaan control dengan internal refensi di atas, maka kita tidak perlu melakukan perubahan setting parameter motor dan parameter dasar. Langkah yang perlu dilakukan hanyalah mengubah konfigurasi referensi control ke pilihan remote configuration dengan menentukan sumber masukan refernsi external melalui AI1, AI2 atau AI3 pada menu Ctl- serta mengubah command control dari LOCAl ke REMOTE configuration 2-wire pada menu I-O-

Mengubah setting ke REMOTE configuration :

Tekan tombol MODE kemudian putar tombol tersebut MODEke kiri atau ke kanan sampai display seven segment menampilkan menu motor control Ctl-, selanjutnya tekan tombol tersebut dan untuk keluar dari menu tekan tombol ESC.

Berikutnya ubahlah setting sesuai table berikut

7.      Selanjutnya jangan menekan tombol MODE , control motor 2-wire dengan referensi external melalui AI1 siap dijalankan. Ikuti langkah selanjutnya seperti pada table berikut ini
8.    Untuk memonitor beberapa parameter dapat dilakukan dengan memilih menu SUP- dengan cara memutar dan menekan tombol

Seanjutnya pada display seven segment akan muncul nilai ktual parameter yang dipilih.
Berikut ini adakah contoh untuk menampilkan beberpa parameter :





Kontrol 3-wire dengan referensi external

Sistim kontrol 3-wire memiliki 3 masukan yaitu LI1, LI2 dan LI3 yang dipergunakan untuk mengatur start/stop dan arah putaran motor.

LI1 berfungsi untuk ON/OFF motor, ON artinya terminal LI1 terhubung ke + 24 Volt dan OFF artinya terminal LI1 tidak terhubung ke + 24 Volt.

LI2 berfungsi mengatur arah putaran searah jarum jam (FORWARD)

LI3 berfungsi mengatur arah putaran berlawanan arah jarum jam (REVERSE)

AI1 berfungsi sebagai terminal masukan tegangan analog referensi eksternal 0 s.d. 10 Volt untuk mengatur kecepatan motor.

  Gambar 8. Diagram control 3-wire dengan referensi external
Berikut ini adalah langkah langkah percobaan control 3-wire dengan refernsi external, 1.         Siapkan modul inverter dan motor 3 phase dengan sambungan seperti gambar berikut ini.

Gambar 9. Pengaturan motor dengan referensi internal

2.   Sambungkan kabel power ke sumber tegangan AC 220 V. Selanjutnya pada display seven segment akan menampilkan nSt (3-wire-control) atau rdy (2- wire-control).
3.     Perhatikan tampilan led apakah berjalan atau tidak, jika tampilan led berjalan, maka inverter sedang berjalan dengan setting local atau menggunakan referensi internal. Oleh karena itu setting harus diubah ke refensi external yaitu dengan cara menakan tombol MODE selama lebih dari 3 detik hingga tampilan led berhenti.
4.     Apabila motor yang dipergunakan tetap sama seperti pada percobaan control dengan internal refensi di atas, maka kita tidak perlu melakukan perubahan setting parameter motor dan parameter dasar. Langkah yang perlu dilakukan hanyalah mengubah konfigurasi referensi control ke pilihan remote configuration dengan menentukan sumber masukan refernsi external melalui AI1, AI2 atau AI3 pada menu Ctl- serta mengubah command control dari LOCAl ke REMOTE configuration 2-wire pada menu I-O-

Mengubah setting ke REMOTE configuration :

Tekan tombol MODE kemudian putar tombol MODE ke kiri atau ke kanan sampai display seven segment menampilkan menu motor control Ctl-, selanjutnya tekan tombol tersebut dan untuk keluar dari menu tekan tombol ESC.

Berikutnya ubahlah setting sesuai table berikut

5.      Selanjutnya jangan menekan tombol MODE , control motor 3-wire dengan referensi external melalui AI1 siap dijalankan. Ikuti langkah selanjutnya seperti pada table berikut ini

Perhatikan blok diagram pada gambar 1.5.1 bahwa LI1 terhubung ke salar toggle sedangkan LI2 dan LI3 terhubung pada tombol yang berfungsi ketika ditekan tersambung ke + 24 volt (ON) dan jika tombol dilepas maka sambungan ke + 24 volt putus (OFF). Karena pada percobaan ini kita menggunkan saklar toggle maka kita harus memperlakukan saklar toggle tersebut seperti perilaku tombol tekan.

Demikianlah cara mensetting inverter schneider telemecaniq yang bisa admin sampaikan bila ada saran kritik mohon comentarnya di kolom comentar untuk membangun artikel yang lebih bagus.