Cara mengukur Tegangan menggunakan Multi tester


Seperti kita ketahui bahwa untuk menghidupkan lampu listrik di rumah kita adalah harus menggunkan tegangan listrik yang dihasilkan generator listrik pln yang disalurkan melalui gardu dan trafo pln melalui kabel sambungan rumah. Dan tegangan yang disalurkan pln ke rumah kita beda beda ada tegangan 220 volt ada juga tegangan 380 volt.disini kita harus mengetahui cara mengukur tegangan kita karena ada kalanya tegangan pln turun tidak mencapai yang disalurkan ke rumah kita.

Penurunan tegangan di rumah kita bisa menyebabkan terjadinya kerusakan terhadap prangkat electronik kita seperti TV, kulkas, Majicom serta lampu lampu bisa gosong karena ketidak stabilan tegangan tersebut. Penurunan tegangan bisa ditandai meredupnya lampu kita atau tidak bisa menyala sama sekali, untuk menghindari hal tersebut sebelum menyalakan lampu karena turun nya tegangan tersebut alangkah baiknya kita mengukurnya terlebih dahulu untuk memastikan apakah sudah mencapai teganga 220 volt atau kita juga bisa memasang voltmeter di sumber listrik.

Nah untuk memperjelas cara mengukur tegangan listrik di rumah berikut cara mempraktekkannya supaya bisa kita mengukur diri sendiri

1. Sediakan multitester

2. Hidupkan multitester dan pilih range selector ke posisi range volt ke arah 250 volt karena yang kita ukur 220 volt

3. Selanjutnya tempelkan test lead merah ke posisi R atau fasa stop kontak

4. Tempelkan test lead hitam ke posisi netral stop kontak yang sama

5. Lihata arah jarum tester karena yang kita ukur 220 volt

Demikianlah yang bisa saya bagikan kepada pembaca semua bila ada yang kurang jelas berikan komentar anda di kolom komentar yang sudah tersedia untuk meningkatkan kemampuan kita tentang cara mengukur tegangan.