Cara mengukur arus listrik menggunakan tang ampere


Mengukur arus listrik suatu hal yang lazim yang harus dimiliki oleh seorang teknisi listrik. Dalam dunia listrik kita mengenal yang namanya arus,tegangan hambatan karena semuanya itu saling berhubungan satu sama lain. Dalam mengukur arus kita biasanya menggunakan tang ampere,dalam mengukur tegangan kita bisa menggunakan tang ampere dengan memilih range selector yang ada di tang ampere pada posisi volt dengan menggunakan kabel test lead bawaan tang ampere diantara fasa L dan N.

Yang kedua kita bisa menggunakan Multitester dengan menggunakan test lead tester tersebut dengan memilih range diposis selector volt tergantung berapa tegangan yang anda ukur karena di multiester terdapat beberapa range volt mulai dari 10 hingga 700volt. Kalau yang di rumah kita menggunakan tegangan 220 volt sehingga kita menggunaka posisi selector tester pada posisi 250 volt.pengukurannya sama dengan tang ampere tadi yaitu dengan meletaktakkan kabel test lead tester ke fasa R sedangkan test lead yang lain diletakkan dengan fasa N (netral).

Kemudian dalam mengukur hambatan(resistant) kita juga bisa menggunakan tester dan tang ampere dengan memposisikan range selector pada posisi ohm dengan mengunakan test lead alat tersebut dengan catatan power listik harus diputuskan supaya alatnya tidak rusak.

Kembali kepada pembahasan awal dengan mengukur arus dengan tang ampere kita bisa lebih cepat mengetahui kekurangan atau kelemahan suatu rangkayan,
Berikut akan saya jabarkan "cara mengukur arus dengan tang Ampere"

1. Sediakan tang Ampere

2. Sediakan suatu sumber arus listrik  untuk diukur arusnya,misalnya suatu rangkayan motor listrik,bila motor listrik tersebut bergerak maka kita sudah bisa mengukur arusnya melalui masing masing kabel motor tersebut

3. Hidupkan tang Ampere dengan posisi range sesuai dengan merek tang Ampere seperti gambar diatas merek koyritsu  ada dua pilihan antara 400 A dan 600 A. Bila yang diukur dibawah 400A maka pilih range selector pada posisi 400A ,bila yang diukur diatas 400A maka pilih  range 600A yang penting range selecto harus lebih besar diatas yang diukur.

Demikianlah cara mengukur arus dengan tang ampere semoga bermanfaat bila ada yang kurang jelas bisa berkomentar dikolom komentar untuk kemajuan kita bersama.