Cara memasang instalasi listrik satu saklar satu stopkontak



 Gambar instalasi listrik satu saklar satu lampu satu stop kontak



Instalasi listrik salah satu ilmu yang sangat penting karena jaman modern ini setiap rumah tangga sudah memiliki lampu listrik maka dari itu sebagai masyrakat awam bisa mengerti paling tidak kita harus mengetahui karena kehidupan kita membutuhkan listrik. Seprti yang saya sebutkan tadi bila terjadikerusakan terhadap instalasi listrik kita bisa kita perbaiki sendiri dengan penuh kehati hatian karna arus listrik  suatu pekerjaan yang bertaruh nya sehingga pengetahuan yang akurat,dan bila kita memanggil tukang listrik kita harus menyediakan cost untuk membayar pekerjaannya.


Maka dari itu saya akan memberikan gambaran tentang bagaimana memasng listrik dasar supaya para pembaca bisa memahami cara memasang intalasi listrik satu saklar untuk menghidupkan satu lampu dan stop kontak inilah rangkayan listrik dasar sebagai permulaan sebelum pengembangan berikutnya dua lampu dan selanjutnya.

Nah sebulum kita melakukan instalasi listrik ada hala yang perlu kita lakukan masalah persiapan antara lain:

Bahan bahan
1. Kabel listrik Nym ukuran 1.5mm
2.  MCB 4A
3. Box MCB
4. Saklar Tunggal
5. Stop kontak

1a. Kabel listrik bahan yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik mulai dari Mcb sampai ke lampu

2b. MCB dipergunakan untuk pengaman rangkayan instalasi listrik bila terjadi kerusakan atau korsleting listrik bisa juga atau terjadi bebab lebih sehingga bisa diatasi kebakaran yang tidak kita inginkan.

2c. Box MCB dipergunakan sebagai tempat penempatan MCB

4d. Saklar tunggal dipegunakan sebagai pemutus dan penghubung arus listrik ke lampu

5e. Stop kontak dipergunakan untuk penghubung alat alat elektronik

Cara pengerjaan instalasi listrik

Pertama tama kita terlebih dahulu memsang box MCB  setlah terpasang kita tempatkan mcb dalam box kemudian kita pasang sakalar dan stop kontak kemudian kita pasang saklar dan stop kontak pada area yang sudah kita tentukan .nah sekarang pengerjaan selanjutnya adlah memasang instalainya. Perlu di ingat seblum kita memasang kabel instalasi yang kita masukan ke MCB adalah fasa dan perlu juga kita ingat  untuk memasang kabel ke saklar adalah supaya tidak terjadi kesalahan karna akan berakibat fatal.

Sekarang kita masukkan fasa ke MCB inputnya dan output MCB langsung kita sambung ke saklar .saklar memiliki dua terminal terminal satu kita hubungkan kabel dari out put dari mcb dan terminal ke dua dari saklar  kita hubungkan ke fitting lampu dan fitting lampu juga memiliki dua terminal dan satu lagi kita hubungkan line nol yang langsung dari jala jala pln. Pengerjaan selanjutnya adalah memasang stop kontak dalam pemasangan stop kontak memiliki 2 terminal dan yang harus kita pasang dalam stop kontak adalah fasa dan netral. Fasa kita ambil langsung dari terminal saklar atau fasa inputnya dan netralnya langsung kita sambung dari line netral.

Demikianlah penjelasan cara memasang instalasi listrik satu  saklar satu lampu dan stop kontak .bila ada yang kurang jelas dapat berkomentar pada kolom komentar dibawah ini