Cara membuat rangkayan interlock atau rangkayan on/of


Ilmu listrik memang ilmu yang tidak ada habisnya kalau dibahas karena sangat mengasykkan kalau dipelajari  secara mendalam dan akan timbul ide ide kreatif untuk membuat suatu rangkayan  yang muncul dibenak kita. Tentu hal yang wajar karena dalam kehidupan kita sehari kita berhubungan dengan listrik seperti alat rumah tangga.

Sesuai dengan judul artikel ini "cara membuat rangkayan interlock atau rangkayan on/of merupakan suatu rangkayan dasar dari pengembangan  rangkayan yang lain. Apabila anda seorang pelajar atau mahasiswa yang bergelut kelistrikan suatu hal yang harus mengerti akan judul yang akan kita bahas ini, untuk itu saya akan memberikan infonya secara lengkap dan akurat.

CARA MEMBUAT RANGKAYAYAN INTERLOCK ON/OFF

Sebelum membuat rangkayan interlock maka perlu kita persiapkan bahan bahan yang mendukung tersebut antara lain :

1. Kabel wairing ukuran 0,75mm

2. Kontactor magnet

3. MCB

3. Rel

4. Thermal over load

5. Push button on/off

6. Motor listrik

Sebelum merangkai kabel  yang satu dengan yang lain alangkah baiknya kita mengukur bahan bahan tadi untuk diuji untuk memastikan kelayakan bahan tersebut sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bila rangkayan yang kita buat benar benar berjalan sesuai dengan sebnarnya. Dan setlah selesai dalam pengukuran langkah selanjutnya adalah menempatkan MCB, kontactor magnet dan lain sebagainya sesuai yang kita inginkan.

Setelah kita selesai menempatkan bahan bahan tadi baru kita melakukan wiring . Tahap pertama kita memasang kabel rangkayan utama. Maksud rangkayan utama adalh kabel fasa mulai dari MCB hingga kemotor listrik. Pertama kita pasang fasa 3 fasa dari MCB yaitu fasa  output fasa R ke no input kontacktor ke no 1, fasa S ke no 2 , fasa T ke no 3 kontaktor. Output kontaktor R ke no 4, fasa S ke no 5 fasa T ke no 6. Output kontaktor 4,5,6 itu langsung disambungkan ke motor listrik yang berlabel U,V,W.

Setelah selesai kita memasang rangkayan utama langkah selanjutnya  adalah memasang rangkayan kontrol. Pertama kita harus mengambil salah satu fasa dari output mcb dan kita sambung ke push button off yang bertanda NC kalau kita ukur akan terhubung dalam keadaan normal dari output  push button off kita hubungkan ke push button on atau yang bertanda NO bila kita ukur tidak akan terhubung bila keadaan normal dan bila kita tekan akan terhubung, dan output dari push button ON masuk ke no 13 kontaktor output dari 13 adalah no 14 yang kita hubungkan langsung dengan coil kontaktor  yang bertanda A1 dan coil kontaktor A2 dihungkan langsung dengan Netral.

Setelah semua kita rangkaian telah kita wiring langkah selanjutnya menguji rangakayan yang kita buat. Bila kita tekan push button on maka kontaktor akan terhubung dan akan terkunci melalui kontak no 13 dan no14 motor akan berputar  bila kita tekan push button off maka coil kontaktor akan terputus aliran listrik maka motor akan berhenti. Demikianlah cara membuat rangkayan interlock semoga bermanfaat, bila ada yang kurang jelas bila meninggalkan comentar di kolom comentar thanks.