Tutorial lengkap cara membuat adaptor


Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan cara mengubah arus bolak balik menjadi arus searah. nah dalam artikel kali ini saya akan membuat cara membuat adaptor yang artinya suatu alat yang digunakan untuk menyearahkan arus listrik. seperti misalnya yang mungkin anda ketahui charger handphone, arus pertama yang masuk dalam charger handphone tersebut adalah arus bolak balik dan outputnya adalah arus searah itulah contoh yang paling sederhana yang namanya adaptor.

tentu mungkin adapator ko bisa memang bisa karena di dalam adaptor tersebut tertanam sebuah komponen elektronik yang namanya dioda. dalam berbagai peralatan elektronika yang dijual dipasaran banyak yang sudah tertanam langsung atau dirakit langsung oleh pembuatnya alat penyearah tanpa membuat adaptor di luar dari peralatan tersebut.

untuk itulah dibawah ini akan saya jelaskan cara membuat adaptor dengan menggunakan komponen elektronika yang sederhana yang mugkin banyak di jumpai di toko toko penjual komponen elektronika. dan untuk itu marilah kita buat secara langsung cara membuatnya dengan cara cara sebagai berikut :

Komponen yang harus dipersiapkan,

1. satu buah trafo 5 ampere

2. satu buah dioda 2 ampere

3. satu buah elco 2200 uf / 25 volt

4. kabel secukupnya

5. timah secukupnya

6. solder


langkah langkah membuat adaptor sebagai berikut :

1. hubungkan atau solder bagian polaritas min dari elco ke 0 atau ke grounding atau CT Trafo

2. hubungkan atau solder elco bagian plus dihubungkan ke katoda dioda

3. setelah itu bagian anoda dioda  dihubungkan ke 12 volt trafo

bagaimana rekan rekan mudah kan oleh karena itu supaya anda mahir dalam pembuatan adaptor anda dapat mempelajari skemanya supaya bisa merakitnya lebih mudah,demikianlah tutorial cara membuat adaptor semoga bermanfaat terima kasih