Cara memperbaiki grenda tangan dengan cepat


Peralatan listrik mempunyai fungsi yang berbeda beda,seperti misalnya mejicom mempunyai kegunaan untuk menghangatkan nasi ,ricecooker memiliki fungsi untuk memasak nasi,kulkas memiliki fungsi untuk menyegarkan makanan kebutuhan kita,kipas angin berfungsi untuk membuang panas disekitar kita dan masih banyak lagi contoh contoh peralatan listrik yang kita jumpai ditengah kita yang mungkin anda sudah memiliki juga.

dari peralatan tersebut mungkin yang akan kita bahas kali ini adalah masalah grenda baik grenda tangan maupun grenda duduk.dari semua itu prinsip kerjanya sama menggunakan tenaga listrik yang diubah menjadi tenaga mekanik tenaga putar. sebelum kita membahas masalah grenda ada baiknya kita mengenal bagian bagian yang ada di dalam grenda tersebut antara lain :
1. Kabel
kabel berfungsi untuk mengalirkan arus listrik grenda

 2. switch
switch berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan grenda

3. stator
stator berfungsi untuk menimbulkan medan magnet bila gulungannya di aliri arus listrik

4. rotor
rotor berfungsi untuk memutar grenda

5. karbon
karbon berfungsi untuk menghantarkan arus listrik untuk membangkitkan medan magnet yang diperlukan rotor untuk memberikan gaya tarik maupun tolak terhadap medan magnet stator agar rotor dapat berputar dalam satu arah.

Dari komponen komponen tersebut kita sudah mengetahui fungsi masing masing. dan sekarang kita akan membahas cara memperbaiki grenda antara lain:

1.arahkan selektor pada multitester pada pengukuran ohm dengan skala x1 x10 x100

2.Lakukan kalibrasi dengan menghubungakan kedua jarum pengukuran – dan +, kemudian lihat pada 
layar Avo meter, apakah terjadi kalibrasi jarum penunjuk angka, jika yah berarti Avo meter yang sobat gunakan masih dalam kondisi baik dan bisa digunakan untuk pengukuran

3. hubungkan multitester pada kabel merah ke salah satu steker dan begitu juga hubungkan kabel hitam, bila jarum pada multitester bergerak dengan menekan switch nya maka grenda masih dalam keadaan bagus

4. bila jarum multitester tidak bergerak walaupun switch sudah ditekan maka berarti dalam keadaan rusak kemungkinan ada komponen lain yang rusak seperti karbon, gulungan stator,swith,gulungan rotor,kabel . dan untuk meyakinkan hal tersebut perlu dilakukan pengukuran terhadap komponen yang saya sebutkan diatas.

demikanlah  cara memperbaiki grenda tangan dengan cepat semoga bermanfaat terimakasih