Tutorial lengkap cara mengukur Dioda


Dioda adalah salah satu kompenen elektronika yang mempunyai fungsi untuk menyarahkan arus listrik . Di dalam kehidupan kita sehari hari listrik dari pln yang kitai pakai adalah arus bolak balik namun di sisi lain alat rumah tangga kita terutam yang berbasis elektonik menggunakan arus searah (Direct Current) DC.

Tentu untuk mengubah arus tersebut perlu ada suatu alat penyearah yaitu adaptor. Namun dewasa ini bila kita membeli suatu alat elektonik sudah langsung dirakit sedemikian rupa sehingga kita tinggal hanya menggunakan alat tersebut. Perlu kita ketahui bahwa suatu penyearah di alat elektronik banyak menggunakan dioda.

Hal ini tentu kita harusmengetahui bagaimana fungsi dioda tersebut dan saya sudah saya bahas bahwa fungsi dioda adalah menyearahkah arus bolak balik. Dan  untuk memeriksa apakah dioda tersebut masih layak atau tidak layak saya akan menjelaskan bagaiman cara mengukur sebuah dioda dengan menggunakan multitester.

Cara cara mengukur dioda  dengan menggunakan multitester dengan langkah langkahsebagai berikut :

1. Siapkan multitester

2. Siapkan sebuah dioda

3. Hidupkan multitester ke range ohm meter x1

4. Pastikan jarum multitester berada di posisi nol

5. Hubungkan probe multitester baik testlead merah dan hitam pastikan jarum sampai 1k

6. Hubungkan testlead warna merah ke kaki yang bertanda garis putih dan testlead warna hitam ke kaki yang lain, bila jarum multitester bergerak maka dioda masih bagus dan sebaliknya jika jarum tidak bergerak maka dioda tidak layak

Lakukan berulang ulang supaya anda lebih paham ,demikianlah tutorial lengkap cara mengukur dioda semoga bermanfaat terimakasih