Tutorial lengkap cara memperbaiki RICE COOKER


Di era modern saat ini peralatan alat rumah tangga sudah mengalami banyak perobahan seperti misalnya rice cooker yang berfungsi untuk menanak nasi yang hanya di hubungkan dengan sumber listrik seorang ibu tidak perlu menunggu di depan rice cooker tersebut dan hanya mengisi beras dan air yang sudah ditentukan oleh pembuatnya sekitar 45 menit beras tersebut sudah menjadi nasi karena sudah serba praktis.

Dulu sebelum ada rice cooker kita memasak nasi menggunakan kayu bakar yang sangat merepotkan.saya katakan merepotkan karena kita harus menunggu didepan api tempat kita memasak dan juga untuk menghindari terjadinya sesuatu hal yang tidak kita inginkan seperti kebakaran.

Nah untuk mengenal lebih jauh tentang rice cooker dan permasalahan kita tentu harus mengenal bagian bagian dari rice cooker tersebut. tanpa panjang lebar mari kita bahas  satu per satu antara lain :

1.THERMISTOR
yang berfungsi sebagai heater dan berfungsi juga sebagai warming.

2.THERMOSTAT
yang berfungsi untuk sebagai sensor panas dari panci dan memastikan panas panci di atas 100 derajat celcius.

3.THERMAL FUSE
yang berfungsi untuk memutus arus apabila terjadi overheat.

4.SAKLAR
yang berfungsi dari posisi masak warming atau sebaliknya.tombol saklah di tekan dan digerakkan secara otomatis oleh termostat atau melalui tomol panel jika dilakukan secara manual.

CAST HEATER
heater ini menyatu dengan logam dan bisa menghasilkan daya hampir 400watt jika bagian ini rusak maka rice cooker tidak akan befungsi dengan baik .

PANEL LAMPU LED
yang befungsi untuk sebagai lampu indikator yang bisa membedakan memasak atau memanasi

Jenis jenis kerusakan yang umum terjad antara lain :


untuk yang mati total langkah pertama kita cek bagian cok listriknya apa masih bagus atau tidak dengan menggunakan multitester jika kabel cok listriknya masih bagus selanjutnya anda cek bagian thermal fusenya apakah masih bagus atau tidak dengan menggunakan multitester.
Cara perbaiki rice cooker jika tidak bisa menghangatkan nasi (disfungsi total) harus diketahui penyebabnya terlebih dulu. Kasus ini umumnya terjadi karena tegangan AC 220 yang tidak bisa masuk ke rangkaian elektrik rice-cooker. Hal ini biasanya disebabkan bagian thermal-fuse sudah putus. Dengan mengganti thermal-fuse atau sikring pemanasnya maka rice cooker bisa kembali normal.
Satu hal yang harus diperhatikan, sewaktu melakukan pergantian thermal-fuse tidak boleh di-solder. Yang paling tepat penyambungan kabel dengan salah satu kaki elektroda adalah dengan cara dijepit. Sebelumnya perlu diperhatikan cara penyambungan aslinya lalu disambung persis seperti itu.

 Jika thermostatnya rusak gantilah segera. Jika semuanya baik-baik saja tapi lampu indikatornya tidak mau menyala berarti ada kerusakan di bagian tempat lampu indikator tersebut silahkan anda cek satu persatu komponennya.

Dan saran saya adalah untuk memastikan penyebab kerusakan rice cooker kita harus mengecek bagian bagian komponen dari rice cooker dengan menggunakan multitester. demikianlah artikel tutorial lengkap cara memperbaiki rice cooker semoga bermanfaat terima kasih.