penyebab kompressor AC panas dan mati


Mendinginkan ruangan saat ini adalah suatu hal yang wajar krena suasan memeang cukup panas terutama di kota kota besar sangat terasa. Penyebab panas  mungkin anda sudah bisa menerka  bisa disebabkan bertambahnya penduduk, ruang hijau mungkin agak berkurang, ditambah lagi dengan pemukiman penduk yang sangat rapat dan juga perkantoran dan rumah yang bayank menggunakan AC (air conditioner)

AC memiliki fungsi untuk mendinginkan ruangan yang banyak dipergunakan masyarakat maupun perkantoran. Dan AC itu sendiri memiliki bagian bagian untuk proses pendinginan misalnya pipa kapiler, blower, kompressor dan lain sebagainya. Dan tentu bagian tersebut memiliki fungsi masing masing. Seperti misalnya compressor yang  berfungsi untuk memompa freon ke pipa yang terdapat di dalam AC tersebut.

Freon mempunyai fungsi yang sangat vital dalam AC karena fungsi tersebut untuk mendinginkan. Freon jugatentu memiliki masalah salah satunya bisa panas dan mati tiba tiba. Tentu hal ini bisa disebabkam berbagai kemungkinan, antara lain kapasitor nya soak atau tidak berfungsi lagi, kemudian compressor tidak berfungsi karena freon terlalu banyak atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan AC tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut  seperti masalah kapasitor gantilah dengan kapasitor yang baru yang sesuai dengan spesifikasi AC tersebut, kemudian bila compressor mati akibat kelebihan freon kurangilah freon sesuai dengan yang dianjurkan . Atau bisa mengecek dengan tang ampere meter sesuai dengan spesifikasi AC ,misalnya bila tertera 7 A maka kita harus sesuaikan dengan tang ampere.

Dan cara kedua adalah dengan menggunakan regulator pengisi freon. Umumnya AC memiliki tekanan 75 psi bila yang anda ukur lebih dari 75 psi maka buanglah freon tersebut dengan memutar regulator pengisi freon sambil melihat jarumnya hingga 75 psi dan bila kurang tambahilah freon sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya semoga bermanfaat dan bila ada saran dan kritik mehin dituliskan di kolom komentar, thanks.