cara memasang instalasi satu saklar seri melayani dua buah lampu


Penggunaan saklar seri ini dimaksudlan agar menghidupkan dan mematikan lampu dapat diatur sebagai berikut :

1. Lampu satu hidup sedangkan lampu dua masih padam

2. Lampu dua hidup tetapi lampu satu menjadi padam

3. Lampu 1 dan 2 hidup semua dan

4. Kedua lampu padam semua

Demikian  seterusnya akan kembali lagi seperti keaadanan semua. Sebelum kita memasang instalasi tersebut kita harus mengerti dan tau tentang kelistrikan kalau tidak akan berakibat fatal.

Dalam pemasangan saklar perlu juga kita mengetahui apakah saklar tersebut masih layak pakai atau tidak. Untuk itu diperlukan mengecek saklar tersebut. Pertama kita membuka saklar yang mau dipasang . Didalam saklar seri terdapat empat terminal pertama kita colokkan testlead kabel warna merah di salah satu terminal dan test lead warna hitam kita letakkan dipasangan wana merah atau persis diatas kabel warna merah. Bila anda menekan salah satu tombol saklar tersebut bila jarum testernya bergerak berarti saklar bagus dan bila saklar ditekan kembali dan tidak bergerak sama sekali berarti saklar nya masih bagus. Tentunya select range multitester di posisi ohm.

Nah sekarang pemasangannya, didalam saklar seri terdapat empat terminal dua diantara empat terminal tersebut harus kita  hubungkan sebagai commonnya atau sebagai api masuk dan dua terminal lagi sebgai api balaik untuk melayani dua buah lampu sesuai dengan judl artikel ini. Seperti didalam gambar ini dan juga sebagai gambar pelaksanaannya.

Demikianlah artikel inisemoga bermanfaat bagi para pembaca dan semoga artikel ini bisa membantu anda bila anda butuhkan saat ini thannks.