cara memasang instalasi motor yang dapat dilayani dari 2 tempat dengan dua kontaktor magnet

Di dalam praktek seperti di industri-industri memungkinkan diperlukan pengontrolan motor yang dilakukan dari beberapa tempat.hal tersebut untuk memudahkan memberhentikan atau menjalankan motor dari tempat tempat tertentu dengan mudah.

Untuk mengontrol motor dari beberapa tempat dapat dilakukan dengan cara menghubungkan tombol NC secara seri dan memparalelkan tombol NO,sehingga setiap tombol NO ditekan dimana saja kumparan magnet akan mendapat daya dan bila NC ditekan dimana saja kumparan maknet akan kehilangan daya yang menyebabkan motor akan berhenti.

Gambar di bawah ini akan menunjukkan instalasi motor yang dapat di layani dari 2 (dua) tempat. Selanjutnya instalasi ini dapat dikembangkan menjadi instalasi motor yang dapat dilayani dari beberapa tempat yang bisa para pembaca kembangkan menjadi lebih dari 2 (dua) tempat.

Demikianlah cara memasang instalasi motor yang dapat dilayani dari 2 tempat dengan kontaktor magnet, bila ada saran dan kritik dapat menyampaikannya ke kolom komentar yang tersedia di blog ini,terimakasih atas perhatiannya semoga bermanfaat.