Hubungan bintang segitiga dengan kontaktor magnet dan tombol tekan

Untuk mengoperasikan hubungan bintang segitiga dengan kontaktor magnet sekurang kurangnya di butuhkan dua kontaktor magnet, seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini. Sebagai pengaman dapat dipasang sakelar manual yang dilengkapi pembatas aru maupun pembatas beban lebih.

Cara mengoperasikannya pertama sakelar manual dihubungkan dengan jala jala pln. Setelah itu tombol tekan (1) ditekan maka NO1 menutup dan NC1 membuka, sehingga kumparan kontaktor 1 akan bekerja dan bila posisi tombol tekan 1 kembali pada posisi semula membuka NO1 akan berfungsi sebagai aliran pengganti selanjutnya motor akan bekerja dalam hubungan bintang.

Untuk mengubah menjadi hubungan segitiga tombol tekan 2 harus ditekan bersamaan dengan itu NC2 akan membuka yang berarti akan memutuskan kontaktor 1 (hubungan bintang terputus. Selanjutnya kontaktor 2 akan bekerja sebagian aliran pengunci no 2 motor pun bekerja dalam hubungan segitiga.

Demikianlah caramembuat hubungan bintang segitiga  dengan kontaktor magnet dan tombol tekan ,bila ada saran dan kritik dapat memberikannya di kolom komentar