cara kerja sakelar termis dan cara penggunaanya


Sakelar termis yang selalu dipasang seri dengan beban  yang berfungsi sebagai pengaman. Apabila terjadi kelebihan beban, hubungan singkat, atau gangguan lainnya yang mengakibatkan naiknya arus secara otomatis, sakelar termis akan bekerja memutuskan arus listrik dengan beban sehingga keamanan terjaga.

Adapun sakelar termis, sakelar yang bekerja atas dasar kerja panas. Sakelar termis dibuat dari dua lapis logam yang disatukan yang dikenal dengan bimetal yang masing masing mempunyai koofisien memuai berbeda yang satu mudah memuai dan yang lainnya tidak mudah memuai. Dengan demikian, apabila kena panas (diakibatkan arus listrik) melewati ketentuan, plat bimetal akan  membengkok kearah logam yang tidak mudah memuai dan apabila panasnya kembali normal menurut ukuran tertwntu plat bimetal akan kembali seperti semula, yang berarti arus listrik berhubung kembali.

Demikianlah artikel cara kerja sakelar termis dan cara menggunakanya semoga bermanfaat, bila ada saran dan kritik dapat memberikan komentar dikolom yang sudah disediakan. Thanks