memasang instalasi 2 motor listrik dengan kontakto magnet dan tombol on/off untuk jalan dan berhentisecara berurutan


Suatu mesin perkakas ada kalanya harus dipasang motor listrik lebih dari satu (sebagai mesin penggerak), misalnya pada mesin bubut, mesin skrap, mesin frais dan sebagainya.

Sebuah mesin bubut untuk mengerjakan logam logam-logam keras selain harus dipasang motor penggerak suport (untuk menjepit benda kerja) sebagai penggerak utama juga harus dipasang motor pompa air pendingin, yang berfungsi untuk mendinginkan benda kerja pada pada saat sedang dikerjakan (dibubut). Hal tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kualitas benda kerja.

Jadi pada mesin bubut semacam ini harus dipasang dua buah motor listrik. Kedua motor tersebut pada saat start harus bekerja secara berurutan dan seterusnya harus bekerja secara bersamaan. Pada saat start pertama-tama motor pompa air pendingin jalan kemudian motor penggerak suport. Dan apabila hendak memberhentikan mesin karena pekerjaan  selesai terlebih dahulu harus diberhentikan motor penggerak suport kemudian motor penggerak pompa air pendingin.

Pemasangan instalasi motor seperti ini dapat dilakukan secara manual maupun secara otomatis. Ini dimungkinkan untuk memberikan suatu gambaran bagi kita supaya dapat memilih  mana yang lebih memudahkan kita , dalam kasus seperti diatas dapat saya gambarkan  seperti gambar diatas.

Demikianlah artikel memasang instalasi 2 motor listrik dengan kontaktor magnet dan tombol on/off untuk jalan dan berhenti secara berurutan semoga bermanfaat bila ada saran dan kritik dapat memberikan komentar di kolom komentar terimakasih.