cara membalik putaran motor 3 fasa dengan kontaktor magnet dengan tombol On/Off relay penunda waktu

Di artikel lain dalam blog ini saya sudah pernah membahas cara membalikkan putaran motor baik secara manual maupun secara otomatis. Dan disini kita akan mengetahui bagaiman putaran motor listrk itu secara manual dan secara otomatis sehingga kita bisa memastikan rangkayan mana yang lebih simple yang bisa membantu kita secara cepat tapi dengan hasil memuaskan.

Nah pada kesempatan ini saya akan mempersembahkan satu lagi cara membalikkan putaran motor tiga fasa dengan kontaktor magnet dengan tombol on/off dan relay penunda waktu dengan kata lain membalikan putaran motor dengan menggunakan timer off delay.

Agar motor dapat berbalik putaran secara otomatis selain diperlukan 2 (dua) buah kontaktor magnet juga diperlukan sebuah sakelar penunda waktu TDR yang dipasang sedemikian rupa, sehingga dalam waktu tertentu motor secara otomatis dapat berbalik putarannya.

Pada saat menjalankan motor cukup dengan menekan tombol NO dan kumparan kontaktor Reverse (R) mundur akan bekerja dan motor akan berputar sesuai dengan medan putarannya. Setelah beberapa saat (waktunya diatur) kumparan kontaktor forwad (F) maju mendapat daya sehingga kontaaktor F bekerja, bersamaan dengan itu kumparan kontaktor R akan terputus dan putaran akan berbalik, karena mendapat aliran dari kontaktor F yang fungsinya menukarkan kedua fasanya

Demikianlah artikel cara membalikkan putaran motor 3 fasa dengan kontaktor magnet dengan tombol On/Off dan relay penunda waktu semoga bermanfaat apabila ada saran dan kritik dengan artikel ini dapat menuliskan nya di kolom komentar thanks.