cara membuat level air secara otomatis dengan rangkayan electronok


Seperti diketahui bahwa manusia hidup tidak dapat meninggalkan air walaupun lain lainnya telah terpenuhi.pada tempat tempat tertentu pengambilan air juga merupakan masalah yang penting. Pengambilan air menggunakan pompa pompa air yang digerakkan oleh tenaga mekanis atau tenaga listrik. Air yang telah dipompa tadi ditampung pada suatu bak penampung.

Untuk mengetahui bahwa bak telah terisi penuh dengan air, maka digunakan beberapa alat sebagai tanda penunjukan tentang jumlah air yang telah dapat ditampung. Mengingat cara tersebut kurang praktis, maka digunakanlah pesawat elektronik yang tugasnya memberhentikan mesin penggerak pompa tersebut bila bak sudah terisi penuh dengan air.

Di pabrik, hotel, rumah sakit dan tempat yang selalu menggunakan air, pesawat electronik dibuat di buat sesuai keperluan tersebut, jadi pesawat electronik bekerja  secara otomatis artinya, bila air surut pompa bekerja, dan bila air telah penuh pompa berhenti dengan sendirinya.

Dibawah ini akan di jelaskan bagaimana cara membuatnya atau cara melaksanakan sebagai berikut :

Sediakan bahan bahan yang digunakan

Tentukan lah bahan bahan itu ditempatkan

Pasang dan sambunglah bahan tersebut sesuai gambar kerja

Periksa sambungan antara satu dengan yang lain dengan multi tester untuk meyakinkan bahwa alat tersebut masih bagus

Periksa tegangan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan rangkayan

Tekanlah tombol start, arus mengalir melalui coil kontaktor sehingah kontaktor bekrja

Gerakkan saklar pesawat elektronik pada kedudukan ON, lampu indikator menyala, berarti pesawat elektronik bekerja, bila dua kawat sebagai penentu tinggi permukaan air menyentuh air dalam bak, makabekerjalah relaynya menarik kontak sehingga memutus arus ke coil contaktor. Selanjutnya memutuskan arus ke motor listrik dan pompa berberhenti putaranya.

Untuk menggerakkan pompa tersebut supaya pompa dapat menghisap air,tekanlah tombol start. Bila air menyentuh kawat pesawat elektronik,  berhentilah putaran motor listrik, begitulah seterusnya.

Bila dikehendaki supaya pompa air dapat bekerja secara otomatik, rangkayan tombol sart-stop dilepas, sedangkan kawat dari terminal 3 relay dihubungkan ke jala jala R

Bila saklar S pesawat elektronik digerakkan pada kedudukan OFF, lampu indikator mati dan pesawat tidak akan dapat bekerja.
 Demikiah cara membuat level air secara otomatis dengan rangkayan elektronik semoga dapat bermanfaat.