cara memasang instalasi generator satu fasa


Generator satu fasa ialah generator arus tukar/bolak balik AC yang paling sederhana. Untuk memperkuat magnit digunakan arus searah (DC) dari dinamo yang menjadi satu poros dengan generatornya atau menggunakan penyearah arus.

Dewasa ini generator AC (Alternating Current) menggunakan arus searah (DC) Direct Current sebagai penguat medan magnit yang diambilkan dari sumber generator AC melalui sebuah penyearah.

Untuk itu dibawah ini akan dijelaskan cara memasang instalasi generator satu fasa sebagai berikut :

Gambarlah bagan rangkayan pengawatan generator 1 fasa dengan papan hubung

Gambarlah pelaksanan generator 1 fasa dengan papan hubungnya

Periksa papan hubung dan generator AC tentang petunjuk persambungan dan ukurlah denhan Multitester apakah telah cocok dengan bagan rangkayan

Letakkan dan perkuatlah papan hubung dengan generator 1 fasa pada tempat yang telah ditentukan

Sambunglah dengan menggunakan kawat NYM generator 1 fasa denhan panel generator.

Periksa kembali sambungan - sambungannya dan ukurlah dengan multitester untuk meyakinkan kebenarannya.

Putarlah tenaga penggerak generator  1 fasa sampai pada kecepatan yang sama dengan permintaan generator AC

Putarlah pengatur tegangan kekanan sambil membaca volt dan frekwensi meter sehingga Voltmeter menunjuk 220 volt dan frekwensimeter menunjuk 50 Hz, bila frekwensi meter belum 50Hz tambalahlah putaran mesin penggerak hingga menunjuk mencapai 50Hz. Bersamaan dengan itu penunjukan Voltmeter akan meningkat, maka putarlah pengaatur tegangan kekiri hingga penunjukan tetap 220 Volt. Lampu tanda indikator akan menyala

Setelah Voltmeter dan frekwensi meter sesuai, tekanlah tombol ON, lampu tanda out akan menyala, berarti generator sudah siap melayani pemakaian tenaga listrik.

Bila ada pesawat pemakai yang disambungkan, makaAmperemeter akan menunjuk sesuatu harga.

Untuk menghentikan generator dalam melayani pemakai, tekanlah tombol OFF, lampu tanda out padam, maka terputuslah arus pemakai.putaralah pengatur tegangan kekiri sehingga voltmeter menunjuk nol. Demikianlah pula frekwensi meter. Kemudian putaran generator dapat dihentikan.

Ulangi pekerjaan tersebut beberapa kali sehingha anda benar benar mengerti cara memasng instalasi generator satu fasa. Bila ada saran dan kritik dapat menuliskan di kolom komentar thanks semoga bermanfaat.