cara membuat hubungan bintang segitiga dengan TPDT


Saklar  TPDT dapat dijadikan sebagai saklar bintang segitiga (start delta) dengan cara seperti ini diperlihatkan pada gambar di bawah ini, terminal saklar TPDT harus dirangkai sedemikian rupa sehingga pada posisi dibintangkan dapat menghubungsingkatkan ujung kumparan U1 - V1 dan W1.

Perlu di ingat dan diketahui bahwa saklar TPDT memiliki 9 (sembilan terminal sehingga perlu dilakukan pengukuran antara terminal yang satu dengan terminal lain hal ini perlu menghindari terjadinya hubungan singkat.

Adapun cara kerjanya sebagai berikut:
Jika saklar berkedudukan di posisi bintang berarti U1 - V1 dan W1 terhubung singkat, ujung kumparan motor lain akan menerima aliran fasa melalui saklar (U - R, V - S, dan W -T) selanjutnya motor akan bekerja dalam hubungan bintang.

Bila saklar TPDT dalam posisi segitiga berarti terminal terminalnya akan terhubung sebagai berikut :
U - W1 dan R akan terhubung,  V -  U1 dan S akan terhubung, dan W - V1 dan T akan terhubung. Dengan demikian motor akan bekerja dalam hubungan segitiga.

Demikianlah cara membuat hubungan bintang  segitiga dengan TPDT semoga bermanfaat bagi para pembaca, bila ada saran dan kritik tentang artikel ini dapat berkomentar di kolom komentar.