cara membalikan arah putaran motor dengan saklar TPDT

Dalam tehnik listrik kita sudah pasti mengenal namanya motor listrik. Motor listrik memiliki fasa yang berbeda beda seperti misalnya motor listrik satu fasa dan ada juga motor listrik 3 (tiga ) fasa. Hal ini dibedakan dengan melihat secara kasat mata seperti misalnya satu fasa dalam bentuk motor terlihat dengan jelas ada bulan kecil yang menempel pada bodi motrnya menempel sebuah kapasitor sebagai starting motor tersebut sedangkan motor tiga fasa memiliki jumlah terminal kabel yang terdiri dari 6 terminal.

Untuk membalik putaran motor sebenarnya dapat kita lakukan secara manual dengan membalik fasa. Misanya arus bolak baiik terdiri dari tiga fasa yang kita kenal dengan gasa R, fasa S, dan T. Seperti misalnya apabila gulungan motor U, V, W terminal U terhubung ke fasa R, terminal V terhubung ke fasa S dan terminal W terhubung ke fasa T yang putaran motornya berputar ke arah kanan maka untuk membalikkan putaran motor ke arah kita  hanya cukup dengan menggeser 2 fasanya saja  terminal U dihubungkan ke fasa T, terminal V kita hubungkan ke fasa R sedangkan terminal W tetap terhubung ke fasa T maka putaran motor akan berputar ke arah kiri.dan bisa menggeser fasa yang lain yang anda suka.

Dan untuk membalikan putaran motor 3 fasa dengan TPDT dengan cara sebagai berikut :

Untuk membalikan medan putar motor 3 fasa cukup dengan menukar kedua fasanya. Agar sakelar TPDT dapat berfungsi sebagai pembalik putaran motor, maka sakelar TPDT dirangkai sedemikian rupa sehingga pada posisi di R sakelar TPDT akan menghubungkan terminal motor sebagai berikut :

Terminal U tersambung dengan fasa R

Terminal V tersambung dengan fasa S

Terminal W tersambung dengan fasa T

Dalam hubungan seperti diatas motor akan berputar ke kanan. Jika posisi sakelar TPDT diatur kearah F (forwad) sehingga terminal motor akan tersambung sebagai berikut :

Terminal U tersambung dengan fasa T

Terminal V tersambung dengan fasa S

Terminal W tersambung dengan fasa R

Bila posisi seperti ini motor akan berputar kearah kiri (berbalik)

Demikianlah artikel cara membalik putaran motor listrik 3 fasa dengan sakelar TPDT semoga bermanfaat. Bila ada saran dan kritik dapat berkomentar dikolom komntar terimakasih.