cara memasang instalasi generator tiga fasa (arus tukar


Generator tiga fasa ialah pembangkit tenaga listrik arus putar. Tenaga listrik yang dihasilkan oleh generator tiga fasa dapat jauh lebih besar bila dibandingkan dengan generator satu fasa.oleh sebab itu generator tiga fasa banyak digunakan di pabrik dan perusahaan besar.

Penguatan medan magnet generator tiga fasa dapat menggunakan arus dari dinamo DC atau arus searah, seporos dengan generator AC. Dapat pula menggunakan penyearah yang diambilkan dari generator AC

Berikut cara pemasangan instalasi generator tiga fasa (arus tukar) antara lain :

Gambarlah bagan rangkayan pengawatan 3 fasa dengan papan hubung

Gambarlah bagan pelaksanaan generator 3 fasa dengan papan hubung

Periksa hubungan papan hubung AC, begitu pula terminal generator AC dan ukurlah dengan multi tester serta sesuaikan dengan bagan pengawatan.

Tentukan papan hubung AC dengan generator 3 fasa,

Sambunglah generator 3 fasa kepapan hubung dengan menggunakan kabel NYM sesuai gambar pengawatan.

Periksalah kembali persambungan- persambungannya dengan teliti ukurlah dengan multitester untuk meyakinkan bahwa sambungan telah betul dan sempurna.

Putarlah mesin penggerak generator 3 fasa pada kecepatan yang sesuai dengan keperluan generator.

Aturlah pengatur tegangan sambil membaca Voltmeter hingga jarum menunjukkan angka 220 Volt. Baca frekwensi meter apakah lidah frekwensi menunjuk angka 50 Hz. Bila bdlum mencapai, tambalah putaran mesin penggeraknya. Dengan penambahan putaran mesin tegangan akan bertambah pula. Untuk ini maka atur kembali tegangan. Lampu IN telah menyala, berarti generator telah siap memberikan tegangan ke pemakai. Untuk dapat mengetahui tegangan R - S, S - T : T - R putarlah saklar tukar.

Tekanlah tombol start, lampu OUT menyala. Bila terdapat pemakai tenga listrik maka ampere meter akan menunjuk sesuatu nilai

Untuk menghentikan generator, tekanlah tombol stop , putarlah pengatur tegangan kekiri hingga Voltmeter menunjuk angka nol demikianlah pula frekwensinya, lampu IN menjadi padam.

Hentikan putaran mesin

Ulangi terus pekerjaan ini supaya anda mahir dalam mengintalasi genset,bila ada saran dan kritik dapat menuliskannya di kolom komentar, sekianlah artikel ini semoga beanfaat