Tutorial lengkap cara mengukur kompressor AC


AC merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk mendinginkan suatu ruangan. Di dalam suatu AC terdapat suatu alat yang befungsi untuk memompa pendingin  freon. Freon di dalam AC menggunakan refrigent R22 atau sejenisnya. Dalam penjualan terdapat dalam kemasan 12kg yang tabungnya berwarna hijau muda.

Anda tentu sudah mengenal yang namanya kompressor jika anda memang betul seorang teknisi listrik yang profesional dan tentunya sudah mengenal yang namanya spare part AC yaitu antara lain kompressor, fan (blower) , kapasitor petak berwarna hitam, kapasitor silver atau yang lainnya biasanya berukuran 35uf.

Saya tadi sudah menyebutkan spare partnya yaitu kapasitor, di dalam AC terdapat 2 kapasitor antara lain kapasitor petak berwarna hitam  dan kapasitor berwarna silver yang memiliki fungsi masing masing, seperti misalnya kapasitor petak berwana hitam yang digunakan untuk start fan atau blower AC ,sedangkan kapasitor berwarna silver digunakan untuk membantu starting kompressor.

Dan disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengukur kompressor AC  atau untuk mengetahui apakah sebuah kapasitor masih layak atau tidak layak supaya kita mengetahui bagaimana mengetahui cara mengukur kapasitor yang benar, berikut langkah langkahnya antara lain :

1. Siapkan kompressor yang akan di ukur

2. Siapkan multitester

3. Satukan kabel multitester untuk mengakuratkan multitester dan posisikan jarum multitester di angka nol

4. Putar range multitester di posisi ohm XI

5. Tempelkan test lead multitester warna merah dan hitam di masing masing terminal kompressor,terminal kompressor terdiri 3 terminal dan tempelkan secara bergantian dengan melihat penunjukan jarum multitester, artinya jika jarum multitester bergerak mempunyai nilai yang sama diantara ketiga terminal maka kompressor masih dalam kondisi baik

6. Jika sebaliknya , artinya jika jarum multitester tidak bergerak sama sekali berarti kompressor rusak.

Demikianlah tutorial cara mengukur kompressor AC dengan baik semoga bermanfaat terimakasih salam sukses