Gejala penyebab kompressor AC mati


Seperti kita ketahui AC adalah sebuah peralatan listrik yang sangat mumpuni untuk mendinginkan suatu ruangan. Pada saat ini AC merupakan suatu kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari hari terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkoataan, karena suhu dikota sama di desa sangat beda soalnya didesa masih mempunyai udara yang sangat segar yang kebanyakan masih banyak pohon pohonan sedangkan diperkotaan memiliki suhu yang sangat panas karena diakibatkan pertumbuhan penduduk,perumahan dan perushaan ditambah dengan banyaknya polusi kendaran.

AC memiliki komponen atau spare part antara lain blower indoor, blower outdoor, kompressor dan lain sebagainya. Pada komponen ac yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah kompressor. Kompressor itu sendiri dalam AC berfungsi untuk memompa freon keluar dalam ruangan melalui pipa kapiler yang berada dalam indoor AC yang dihembuskan melalui blower indoor AC.

Tentunya dalam pemakaian kompressor dalam AC ada kalanya kompressor  mengalami kerusakan disebabkan berbagai hal ,bisa karena kualitas komponen kurang bagus, bisa karena pemakaian AC yang cukup berumur. Nah untuk mengetahui mengapa kompressor sering trip atau serin mati karena berbagai hal  antara lain :

1. Pipa outdoor dengan pipa indoor bocor 

2. Pipa AC masuk angin

3. Kompressor terlalu over heat

4. AC kurang Freon

5. AC kurang bersih

6. Sensor AC tidak bekerja yang terletak di atas terminal indoor AC

Dan setelah kita mengetahui penyebab kompressor mati sekarang akan kita bahas bagaimana cara mengatasi kompressor yang mengalami gejala diatas begini langkah langkahny untuk mengatasinya berikut penjelasannya antara lain :

1. Bila pipa bocor lakukanlah pergantian pipa yang baru dan menguatkan baut yang menempel pada outdoor AC

2. Bila AC masuk angin tekan tombol pentil ac dan lakukan pemakuman bila sangat diperlukan serta kuatkan baut pengunci pipa

3. Bila kompressor over heat lakukan pendinginan dengan mengguyur kompressor dengan air dingin sampai kompressor benar benar dingin/ keadaan normal

4. Ac kurang freon isilah freon sesuai dengan yang tertera di body AC misalnya 7.3 A isiiilah freon menggunakan regulator dengan ketentuan 75 psi dan memperhatikan tang ampere meter dengan menghelangkan tang ampere ke power fasa AC.

5. AC kurang bersih cucilah dengan menggunakan HPP sampai bersih

6. Sensor Ac tidak berfungsi gantilah dengan sensor baru.

Demikianlah artikel gejala penyebab kompressor mati semoga bermanfaat terima kasih