Tutorial lengkap Cara mengukur resistor


Resistor adalah salah satu kompenen alektroika yang berfungsi untuk menghambat menahan arus listrik dalam rangkayan penghantar. Resistor kita kenal juga memiiliki gelang warna di bodinya dan setiap warna gelang memiliki nilai untuk menerangkan berapa besar tahanan dalam setiap resistor dan resistor juga memiliki nilai toleransi. Nilai warna dalam setiap gelang menentukan jumlah tahanan resistor.

Adapun nilai dalam setiap warna yang tertera dibawah ini antara lain :

Dalam setiap rangkayan elektronik hampir semua rangkayan miliki resistor walaupun banyak jenis resistor yang kita kenal dan memiliki berbagai jenis atau wujud yang cukup variatif, hal ini memiliki berbagai fungsi artinya reistor tersebut untuk rangkayan apa digunakan dengan demikian jelas bahwa resistor mempunyai fungsi untuk menahan laju arus yang sangat besar.

Dalam hal ini kita tentu harus mengetahui bagaimana menentukan suatu resistor tersebut layak pakai atau tidak layak pakai, untuk mengetahui hal tersebut kita perlu menggunakan suatu alat yang bisa mengukur kelayakan tersebut adalah dengan menggunakan Multitester. Multitester kita kenal memiliki berbagai fungsi antara lain :

1. Mengukur tegangan

2. Mengukur tahanan

3. Mengukur nilai aru dalam milimeter

4. Dan lain sebagainya

Untuk itulah kita akan mengukur nilai sebuah Resistor menggunakan multitester seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini antara lain :

1. Siapkan multitester

2. Siapkan Resistor

3. tancapkan probe merah pada terminal + dan probe hitam pada terminal – (com). Pada saat pemasangan probe pastikan dan biasakan warna probe sesuai dengan terminalnya, meskipun sebenarnaya tidak akan mempengaruhi pengukuran atau membahayakan alat ukur itu sendiri.

4. Baca besar resistor berdasarkan gelang warnanya. Hal ini dilakukan untuk menentukan pemilihan pengali pada knop multimeter.

5. Pilih pengali dengan mengarahkan knop multimeter pada pengali tahanan. Pemilihan pengali disesuaikan dengan besar tahanan yang akan diukur.

6. Lakukan kalibrasi alat ukur. Perlu diingat bahwasannya kalibrasi dilakukan setiap kali kita mengganti besar pengalinya. Adapun langkah kalibrasi akan saya jelaskan pada bagian bawah artikel ini bagian contoh pengukuran.

7. Lakukan pembacaan skala. Perlu diingat bahwa dalam pembacaan skala pada multimeter cari garis skala yang memiliki penunjuk angka nol di sebelah kanan. Biasanya garis skala pengukuran tahanan berwarna hijau dan ditandai dengan simbol  Ω.

Demikianlah artikel tutorial lengkap cara mengukur resistor menggunakan multitester semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan tutorial ini semoga bermanfaat semoga suk ses terimakasih.