Cara memasang lampu secara paralel


Lampu penerangan dalam rumah tangga suatu keharusan. Dalam instalasi penerangan listrik terdapat banyak sistem atau skema yang dipakai antara lain sambungan seri dan sambungan paralel. Didalam instalasi rumah tangga kebanyakan sambungan paralel karena setiap beban dilengkapi dengan masing masing saklar.


Di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana sambungan seri dan sambungan paralel, karena dalam instalsi seorang pemasang instalasi harus mengetahui masalah hubungan seri dan paralel karena jika pemasang instalsai tidak mengerti maka akan terjadi korsleting listrik atau salah sambungan. Dalam berbagai instalasi penerangan baik di rumah maupen tempat tempat lain seperti perkantoran,stadion olah raga maupun menara pencakar langit pasti akan menggunakan hubungan seri paralel. Dan berikut adalah gambar sambungan seri dan sambungan paralel





Gambar diatas menunjukan bahwa hubungan seri memerlukan daya yang lebih besar sedangkan hubungan pararlel membutuhkan daya yang relative kecil dan hubungan seri memiliki kelemahan yang sangat siknifikan artinya jika kita memasang bola lampu secara seri bila suatu bola lampu putus maka secara keseluruhan didalam rangkayan seri tersebut akan padam karena ketergantungan satu sama lain sedangkan bila kita memasang secara paralel dangan beberapa lampu bila bola lampunya tidak berpengaruh sama bola lampu lain karena lampu tersebut sudah mempunyai sambungan masing masing.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa hubungan seri dan paralel sangat perlu untuk kita ketahui supaya kita benar benar mahir dalam pembuatan sambungan sambungan listrik baik insatasi penerangan maupun instalasi lain yang berhubungan listrik. Demikianlah artikel ini saya sampaikan supaya kita mengerti akan sambungan sambungan listrik semoga bermanfaat.