Langkah langkah membuat program PLC


Plc merupakan suatu alat yang dirancang untuk dipergunakan dalam rangakayan listrik dan untuk mempermudah pengontrolan secara digital yang dihubungkan dengan suatu layar sentuh di panel listrik. Sehingga seorang operator dalam produksi tidak perlu menekan tombol secara manual karena melalui layar sentuh yang ada dipanel yang di jaganya.

Nah dalam pembahasan kali ini kita akan membahas cara membuat program plc, sebenarnya dalam membuat program plc sebenarnya kita harus tau bagaimana cara kerja suatu rangkayan dan di fungsikan untuk apa. Untuk membuat suatu program plc dilakukan langkah langkah pemrograman sebagai berikut :

1. Tentukan system apa yang akan dikontrol
2. Hitung jumlah input output dan diberi alamatnya
3. Membuat ladder diagram
4. Test dan check program

Sebelum membuat program kita harus terlebih dahulu membuat suatu contoh kasus yang akan kita buat programnya seperti dibawah ini :

Contoh  kasus
Ada sebuah motor penggerak yang menggerakkan meja kerja maju mundur secara otomatis dengan cara kerja sebagai berikut :
Apabila tombol star ditekan maka motor akan bergerak maju dan setelah menyentuh limit switch 1 maka motor akan bergerak mundur dan setelah menyentuh limit switch 2 maka motor akan bergerak maju lagi begitu seterusnya dan akan bergerak maju mundur terus sebelum tombol stop ditekan.

Itulah contoh kasusnya sekarang kita membahas  cara menghitung jumlah input dan output kasus diatas
Dari cara kerja diatas bisa kita hitung jumlah  input dan outputnya. Jumlah inputnya adalah
1. Tombol star = alamatnya adalah 0000
2.tombol stop= alamatnya 0001
3. Limit switch1 = alamatnya 0002
4. Limit switch2 = alamatnya 0003

Jumlah output k1 = motor maju alamatny 100.00
Jumlah output k2 = motor mundur alamatnya 100.01

Demikianlah dalam menghitung jumlah input dan outputnya dan untuk no 3 dan no 4 akan saya bahas dalam artikel selanjutnya semoga bermanfaat dan berkesan dalam.membuat suatu program plc.