Cara memasang kapasitor bank pada motor listrik


Mesin produksi yang ada di industri kebanyakan menggunakan motor listrik, motor listrik itu sendiri dipergunakan sebagai penggerak dan tenaga pemutar. Mesin produksi  kebanyakan menggunakan motor listrik yang terdiri dari motor listrik 3 fasa maupun 1 fasa. Motor tiga memiliki tegangan diatas 380 volt dan sedangkan motor listrik 1 fasa menyuplai 220 volt.

Dari gambaran diatas suatu industri harus memiliki daya yang cukup besar untuk menggerakkan mesinnya. Dilihat dari pemakaian listrik industri akan mengeluarkan cost yang lebih besar apalagi dewasa ini pln sering mengeluarkan harga listrik yang  fluaktif. Tapi banyak juga industri menyediakan arus listrik sendiri jika mereka bisa memanfaatkan sendiri hasil olahan industri ,seperti misalnya pabrik cpo (kelapa sawit) dengan memanfaatkan cangkang kelapa sawit sebagai penggerak generator mereka dengan tenaga uap untuk memutar turbin sehingga tidak perlu mengeluarkan cost untuk listrik mereka

Namun lain hal dengan industri yang tidak memiliki bahan yang saya sebutkan tadi terpaksa mereka harus menyuplai listrik dari pln yang tergolong relatif murah dibandingkan harus memiliki generator sendiri yang harus membleli minyak solar unruk menggerakan  genset mereka apalagi harga solar industri relatif mahal.

Berkaca dari cost mahal tadi banyak orang berpikir bagaimana sih cara megurangi beban biaya listrik tersebut para insynur yang bergerak dibidang listrik  pun berpikir untuk membuat suatu cara dengan percobaannya ditemukanlah cara dengan memasang kapasitor bank yang dapat memperbaiki faktor kerja. Dengan baik nya faktor kerja akan lebih menghemat pemakayan listik karena tidak adanya kerugian tegangan.

Adapun cara memasang kapasitor bank pada motor listrik adalah sebagai berikut :

1. Meneyediakan kapasitor bank yang diperlukan sesuai dengan nameplate motor listrik
2.. Kontaktor magnet
3. Mcb

Cara membuat rangkayannya hubungkan mcb ke input salah satu fasa,sedangkan output MCB hubungkan ke coil A1 kontaktor. Sedangkan A2 nya dihubungkan ke netral . Kabel kapasitor bank mempunyai 3 kabel, kabel kapasitor tersebut dihubungkan ke output kontaktor kapasitor sesuai fasanya. Dan input fasa kontaktor kapasitor dihubungkan ke output kontaktor motor. Setelah selesai dihubungkan naikkan  mcb dan ukurlah menggunakan tang Ampere apakah ada perobahan. Untuk lebih jelasnya  perhatikan gambar dibawah ini.


Demikianlah cara memasang kapasitor pada motor listrik semoga bermanfaat.terimakasih