Cara memasang instalasi saklar seri atau saklar ganda


Di artikel sebelumnya saya telah membahas cara memasang instalasi saklar tunggal satu lampu satu stop kontak. Setelah anda membaca artikel tersebut mungkin anda berpikir bagaimana ya cara instalasi menggunakan saklar seri atau saklar ganda di rumah supaya bisa menghidupkan lampu yang satu dan lampu yang kedua supaya mati atau tidak boros. Apa lagi jaman sekarang ini tarif listrik selalu naik tiap tahun.

Nah untuk menghindari pemakaian listrik yang boros alangkah baiknya kita memakai listrik yang sangat dibutuhkan saja maka dari itu saya akan membahas "cara memsang instalasi saklar seri atau saklar ganda. Contonya : instalasi 2 buah lampu dengan saklar seri.

Penggunaan saklar seri atau saklar ganda ini saya maksudkan agar nyala padam lampu dapat diatur sebagai berikut :

1. Lampu satu hidup sedangkan lampu dua masih padam

2. Lampu dua hidup tetapi lampu satu menjadi padam

3. Lampu satu dan dua hidup semua dan

4. Kedua lampu padam semua.

Demikian seterusnya akan kembali lagi seperti keadaan semula. Instalasi semacam ini anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Saklar semacam ini banyak dipakai di instalasi rumah tangga oleh karena itu alangkah baiknya kita mengerti dan mengetahui cara memasang instalasinya stelah kita mempelajari dari artikel ini dan sangat membantu dan akan tidak mengeluarkan cost lagi bila anda sudah mengerti dan tidak perlu memanggil teknisi listrik.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan bila ada saran dan kritik bisa menyampaikan melalui kolom comentar semoga bermanfaat terimakasih.