Prinsip prinsip pemasangan kabel listrik transmisi bawah tanah

Transmisi daya listrik bisa dilakukan di atas tanah dari pada di bawah tanah menggunakan berbagai jenis kabel transmisi. Jenis-jenis transmisi tenaga listrik ini memiliki kelebihan, dan juga aplikasi yang sering digunakan.

Pemilihan metode terutama tergantung pada faktor-faktor seperti biaya, tegangan, keamanan, aplikasi, dll. Transmisi daya diatas tanah murah dan proses pemasangan murah. Kemudian, transmisi daya bawah tanah mahal dan juga memiliki banyak kelebihan.

Aplikasi transmisi bawah tanah ini terutama tergantung pada area kerumunan serta di mana kemungkinan transmisi daya diatas tanah tidak mungkin. Kadang-kadang, karena faktor-faktor seperti fisik, biaya dan lingkungan, kedua jenis kabel digabungkan bersama untuk transmisi daya listrik.

Artikel ini membahas tinjauan umum transmisi daya listrik bawah tanah, jenis, instalasi, fitur dan banyak lagi.

Apa itu Transmisi Daya Listrik Bawah Tanah? 

Transmisi tenaga listrik dapat dilakukan dengan menggunakan metode seperti bawah tanah sebagai alternatif untuk transmisi daya diatas tanah. Kabel ini memiliki visibilitas rendah dan tidak terpengaruh oleh cuaca buruk. Namun, biaya kabel ini tinggi dan proses pemasangan lebih memakan waktu daripada membangun diatas tanah.

Penemuan kesalahan pada saluran transmisi bawah tanah membutuhkan banyak waktu untuk perbaikan serta penempatan. Di daerah perkotaan, jenis transmisi ini tertutup oleh cairan dielektrik dan pipa logam yang dipasang atau disebarkan melalui pompa.

Jika gangguan listrik menghancurkan pipa bawah tanah & menghasilkan cairan dielektrik ke dalam lumpur di dekatnya, maka truk nitrogen cair dirakit untuk memperbaiki bagian yang rusak dari lokasi pipa. Kabel transmisi semacam ini dapat memperpanjang periode tetap serta biaya perbaikan. Statistik pipa dan tanah sering dipantau sepanjang periode perbaikan.

Jenis Kabel Transmisi Daya Listrik Bawah Tanah 

Saat ini, ada dua jenis kabel transmisi daya bawah tanah yang dirangkai dalam pipa dan kabel dielektrik yang solid. Jenis pertama diedarkan di sekitar kabel untuk mengontrol panas serta melindungi kabel. Jenis kabel kedua tidak membutuhkan cairan, dan ini merupakan kemajuan teknologi terkini.

Jenis kabel transmisi daya listrik bawah tanah yang paling umum adalah sebagai berikut.

  • HPFF (Pipa Cairan Berisi Tekanan Tinggi)
  • HPGF (Pipa Gas Berisi Tekanan Tinggi)
  • SCFF (Self Contained Fluid Filled)
  • XLPE (Kabel Polietilena Silang Padat)


Pemasangan Kabel Transmisi Listrik Bawah Tanah

Secara umum, prosedur langkah demi langkah memasang saluran transmisi tenaga listrik bawah tanah mencakup serangkaian acara berikut.
  • Deretan tanah terbuka
  • Peledakan (atau) Penggalian
  • Pipa Las (atau) Pengaturan
  • Pemasangan Loncatan dan Saluran Penyimpanan
  • Mengisi kembali
  • Pemasangan Kabel
  • Menambahkan gas (atau) Cairan
  • Pemulihan Lokasi
Dasar-Dasar Transmisi Daya Listrik Kabel Bawah Tanah

Dari instalasi di atas, kegiatan dilakukan bersamaan untuk mengurangi intrusi dengan lalu lintas jalan.

Fitur Transmisi Tenaga Listrik Bawah Tanah

Fitur utama transmisi daya listrik bawah tanah meliputi yang berikut ini.

Konstruksi

Pembangunan kabel listrik bawah tanah mahal dan yang memiliki keamanan terhadap korosi, kelembaban, cedera mekanik dan efek dari tanah karena dampak lingkungan. Konstruksi kabel-kabel ini di bawah tanah mahal dibandingkan dengan kabel listrik diatas tanah karena kabel-kabel ini sederhana dan tidak memerlukan isolasi serta pelindung.

Instalasi (pemasangan)

Proses pemasangan kabel listrik bawah tanah membutuhkan penggalian sedangkan, di jalur diatas tanah, itu terletak di tiang. Karena beberapa jalur layanan utilitas, ini mungkin rumit oleh jenis layanan nilai lain seperti jaringan pipa gas, minyak, dan saluran pembuangan. Masalah lain mungkin terjadi karena tanah yang longgar, bebatuan dan air di jalan akan lebih mahal.

Pembuangan Panas

Pembuangan panas pada kabel transmisi daya bawah tanah sebagian dengan lapisan insulasi serta perlindungan seperti selubung & pelindung. Oleh karena itu, sebagian besar panas dipertahankan di dekat kabel.

Ukuran Konduktor

Dibandingkan dengan kabel diatas tanah, kabel bawah tanah memiliki konduktor besar dengan jumlah daya listrik yang sama. Sebagai kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah memiliki sistem pendingin buatan.

Membawa Kemampuan Tegangan

Kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah dibatasi oleh konstruksi dan pembuangan panas yang mahal. Karena alasan ini, kabel bawah tanah mentransmisikan hingga 33-kilovolt.

Pengenalan dan Perbaikan Kesalahan

Sangat rumit untuk mengenali kesalahan dalam transmisi daya listrik bawah tanah. Karena itu butuh banyak waktu untuk menemukan serta memperbaiki kabel bawah tanah.

Keamanan Publik

Kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah sangat aman untuk lingkungan, publik, hewan, dll. Kabel ini tidak terpengaruh dan dipengaruhi oleh kondisi seperti halnya pohon, kecelakaan, hewan, badai, gangguan fisik, angin yang mungkin langsung merusak tiang, kabel, dll.

Efek Penangkal Petir

Kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah tidak terpengaruh oleh penangkal petir.
Umur kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah memiliki masa pakai rendah dibandingkan dengan kabel diatas tanah.

Dampak Ekologis

Kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan, ekologi karena pengurangan kebisingan dan manajemen pabrik yang unggul. Selain itu, kabel ini memiliki kehilangan transmisi yang rendah, mengurangi kerusakan, dan kecelakaan.

Penggunaan Tanah

Kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah menggunakan tanah yang lebih baik tanpa melihat kabel dan juga tiang, yang mengarah pada peningkatan nilai properti.

Kelebihan dan Kekurangan Jalur Transmisi Bawah Tanah

Kelebihan/Keuntungan dari jalur transmisi bawah tanah meliputi berikut ini.

  • Lebih sedikit Kerusakan dari kondisi cuaca yang berbeda seperti angin, pembekuan, petir, angin topan, dll.
  • Tidak ada risiko kebakaran
  • Kisaran emisi EMF (medan elektromagnetik) akan dikurangi menjadi area terdekat.
  • Kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah membutuhkan strip kecil sekitar 1 hingga 10 meter untuk memasang.
  • Kabel ini memiliki risiko pencurian dan koneksi yang lebih sedikit.
  • Kabel ini jauh lebih terlindungi dan lebih murah


Kekurangan dari jalur transmisi bawah tanah meliputi berikut ini.

  • Kabel bawah tanah sangat mahal.
  • Perbaikan kabel-kabel ini serta mencari kesalahan bisa memakan waktu berhari-hari.
  • Lokasi kabel bawah tanah tidak selalu terlihat, yang dapat menyebabkan kerusakan kabel.
  • Pengoperasian kabel ini sangat sulit karena daya reaktif yang tinggi dari kabel ini menghasilkan arus pengisian yang tinggi.
  • Kabel bawah tanah akan merusak pergerakan tanah

Jadi, ini semua tentang transmisi tenaga listrik bawah tanah. Kabel bawah tanah mahal untuk dibangun serta dipasang. Aplikasi kabel transmisi tenaga listrik bawah tanah meliputi daerah perkotaan di mana kompleks untuk memasang kabel transmisi daya diatas tanah karena halangan dan bahaya yang ditimbulkan oleh saluran udara.
Hal ini dapat meningkatkan biaya saluran transmisi utama tenaga listrik serta distribusi namun dapat mengurangi biaya operasional selama umur kabel.