Jenis kabel berdasarkan tegangan

Kabel digunakan untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber listrik menuju ke perangkat pengguna listrik, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Ada berbagai jenis kabel listrik yang dijual, berdasarkan tegangannya, dapat dikelompokkan menjadi:
- Jenis kabel listrik tegangan rendah
- Jenis kabel listrik tegangan menengah
- Jenis kabel listrik tegangan tinggi
Kamu dapat melihat bahwa kabel listrik ada yang memiliki pembungkus, ada yang tanpa pembungkus. Secara umum, bentuk fisik kabel listrik yang terbungkus terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
- Isolator
Ini adalah bagian pembungkus kabel yang tidak menghantarkan listrik. Isolator umumnya dibuat dari bahan termoplastik. Fungsinya adalah untuk melindungi kabel supaya tidak terpapar oleh pengaruh alam di sekelilingnya.
Isolator juga berfungsi melindungi perangkat agar tidak mengalami hubungan pendek. Pembungkus ini juga melindungi kamu dari tersengat aliran listrik yang mengalir dalam kabel.
Semakin baik kualitas isolatornya, biasanya semakin baik kualitas kabel dalam menghantarkan listrik dan semakin panjang pula usia pakainya.
- Konduktor
Ini adalah bagian kabel yang berfungsi menghantarkan aliran listrik. Biasanya bagian ini dibuat dari tembaga ataupun aluminum. Kemampuan setiap jenis konduktor dalam menghantarkan listrik tergantung dari jenis konduktornya dan nilai ini disebut dengan Kemampuan Hantar Arus atau disingkat menjadi KHA