Jenis jenis kabel

NYA
Jenis kabel listrik ini digunakan dalam instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan kabel NYAdengan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Syarat penandaan dari kabel NYA:
NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar/kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Jenis kabel listrik ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus.
Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.
2. NYM
Jenis kabel listrik ini digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. Jenis kabel listrik NYM: memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Jenis kabel listrik ini dapat dipergunakan di lingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.
3. NYY
Jenis kabel listrik ini dirancang untuk instalasi tetap di dalam tanah dimana harus tetap diberikan perlindungan khusus (misalnya duct, pipa PVC atau pipa besi). Instalasi bisa ditempatkan di dalam dan di luar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering. memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4.
Memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.
4. NYAF
Jenis kabel listrik ini direncanakan dan direkomendasikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribusi pipa atau di dalam duct. Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC.
Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi, kabel jenis ini sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan-belokan tajam.
Jenis kabel listrik ini digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab/basah atau terkena pengaruh cuaca secara langsung.
5. NYFGbY/NYRGbY/NYBY
Jenis kabel listrik ini dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan (kecuali harus menyeberang jalan). Pada kondisi normal kedalaman pemasangan di bawah tanah adalah 0,8 meter.
6. NYCY
Jenis kabel listrik ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Dengan dua lapis pelindung pita kabel. Instalasi ini bisa ditempatkan di luar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.
7. BC
Jenis kabel listrik ini dipilin dan disatukan. Ukurannya 6 – 500 mm2.
8. AAAC
Jenis kabel listrik ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. AAAC anti karat dan kekuatan yang baik, sehingga daya hantarnya lebih baik.
9. ACSR
Jenis kabel listrik ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja. Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran Transmisi tegangan tinggi, di mana jarak antara menara/tiang berjauhan, mencapai ratusan meter, maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR.
10. ACAR
Jenis kabel listrik ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR
11. NYMHYO
Jenis kabel listrik ini merupakan kabel jenis serabut dengan berintikan dua serabut. Kabel ini biasanya digunakan untuk soundsystem, loudspeaker, virtual video
12. NYMHY/NYYHY
Kabel tembaga serabut dan berisolasi PVC. NYMHY berwarna putih dan NYYHY berwarna hitam. Biasanya digunakan untuk instalasi di dalam rumah yang tidak permanen, karena sifatnya fleksible dan tidak mudah patah.
Kabel jenis ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah pindah dan harus ditempat kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas 85 derajat celcius. Demikianlah artikel ini semoga bisa membantu.