Cara menggunakan tang Ampere


Tang amper dikenal sebagai alat pengukur arus listrik. Arus listrik diukur untuk mengetahuai berapa arus yang sudah terpakai. Karena apabila kita sedang membuat suatu rangkayan dalam instalasi maka perlu mengetahui arus yang dipakai bebabn supaya bisa menentukan nilai keberhasilan instalasi yang kita buat.

Tang ampere banyak dipergunakan oleh teknis teknisi listrik yaitu seperti teknisi di industri,teknisi pln teknisi tukang ac dan semua yang berhubungan dengan listrik. Dipasaran ditemukan dua jenis tang ampere yaitu tang ampere digital dan tang ampere analog . Tang ampere digital cara pembacaanya kita dapat langsung melihat nialai amperenya yang ditampilkan secara digital atau berbentuk angka,sedangkan tang ampere analog kita harus membaca nilai yang ditunjukkan jarum penunjuk tang ampere.

Dari segi pemakaian tang ampere digital lebih praktis dibandingkan dengan tang ampere analog dan anda sebagai teknisi listrik sudah mengerti tag ampere jenis apa yang lebih praktis atau gampang anda pergunakan

Berikut ini langkah langkah menggunakan tang ampere

Cara menggunakan Tang Ampere atau Clamp Meter ini sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan menjepitkan rahang penjepitnya ke kabel listrik yang diinginkan. Berikut ini adalah langkah-langkah selengkapnya untuk Mengukur Arus Listrik AC atau Ampere AC dengan menggunakan Clamp Meter (Tang Ampere).

A. Putar atau setting Saklar Clamp Meter ke posisi Ampere Meter (biasanya tertulis huruf A dengan gelombang sinus diatasnya). 

B. Tekan Trigger untuk membuka rahang Penjepit Clamp Meter atau Tang Ampere. 

C. Jepitkan Rahang penjepit ke kabel Konduktor yang dialiri arus listrik AC (Kabel Listrik berada di tengah-tengah rahang penjepit) kemudian lepaskan Trigger Clamp Meter.    Catatan : Jika kabel listrik tersebut belum dialiri listrik, hubungkan kabel tersebut atau ON-kan perangkat yang ingin diukur arus listriknya.

D.  Baca Nilai Ampere yang tertera di layar Clamp Meter (Tang Ampere).

Untuk mengukur Tegangan dan Resistansi, cara pengukurannya hampir sama dengan Multimeter yaitu dengan menggunakan Probe yang dicolokan di Terminal COM yang berwarna Hitam dan Terminal Positif yang berwarna Merah.

Demikianlah cara menggunakan tang ampere yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan terima kasih