Cara mengecek gulungan motor listrik


Artikel kali ini akan saya paparkan apa sebenarnya motor listrik itu. Motor listrjk adalah salah satua alat yang digunakan untuk memutar,menggerakkan atau memindahkan suatu benda dari suatu tempat. Motor listrjk di robah dari tenaga listrik menjadi tenaga mekanis. Jika anda seorang teknisi listrik mungkin anda sudah mengenal namanya motor listrik .

Motor listrik menurut konfugirasinya terdiri dari stator dan rotor. Stator adalah komponen yang tidak bergerak sedangkan rotor adalah komponen yang bergerak. Dalam motor listrik terdapat rumah stator yang didalamnya terdapat lilitan gulungan kawat email. Kawat email inilah sebagai pembentukan medan magnet yang fungsinya untuk memutar rotor bila dialiri arus listrik.

Pembentukan medan magnet karena adanya GGL (gaya gerak Listrik) dalam gulungan motor listrik. Gulungan motor listrik terdiri dari belitan kawat email yang disusun rapi menurut alur yang sudah diesiakan oleh pabrikan motoor listrik.


Dan untuk mengetahui bagaimana cara mengecek gulungan motor listrik perlu kita mengerti berapa titik terminal motor listrik 3 fasa. Biasanya yang kita kenal terminal motor listrik yang umum adalah UVW dan XYZ. Bila kita mengecek terminal terminal ini biasanya U dan X  harus terhubung, dan V dan X harus terhubung, W dan Z harus terhubung juga, itu menandakan bahwa gulungan motor masih bagus dan bila ternyata terdapat tidak terhubung diantara salah satu terminal putus berarti gulungan tidak bagus

Dan dalam prakteknya didalam instalasi motor listrik terdapat dua hubungan terminal antara lain hubungan star dan delta. Kalau hubungan star biasanya terminal UVW  dihubungkan ke sumber arus R-U, S-V, T-W sedangkan terminal XYZ disambung atau disatukan  tiga terminal tadi XYZ

Dan dalam hubungan delta biasanya  terminal yang dihungkan ke sumber arus adalah  R-U ,S-V, T-W sedangkan yang disambung ke terminal pasangangannya adalah U-Y, V-Z,  sedangkan W-X. Itulah hubungan star dan delta.

Demikianlah cara mengecek gulungan motor listrik semoga bermanfaat dan terima kasih.