Alat pengukur tebal kawat

 

Sebenarnya konduktor yang berupa kawat snur dan kabel telah mempunyai ukuran penampangnya. Kadang kadang pula karena telah biasa menggunakan dapat mengerti ukurannya. Hanya untuk bahan  yang jarang/tak pernah dipakai sulit diperkirakan besarnya jikalau keterangan yang biasanya ada label atau etiket sudah hilang.

Untuk keadaan darurat seperti itulah harus dapat diatasi dengan jalan mengukurnya sendiri. Selanjutnya akan dijelaskan alat ukur yang dimaksud dan cara menggunakan nya. Alat ukur yang biasa dipakai ada tiga macam antara lain " wire gauge" ,mistar ingsut dan micrometer.

                        Wire Gauge

Sebuah alat pengukur besar penumpang kawat listrik yang praktis. Disebut praktis karena tidak perlu menghitung lagi hasil pengamatan yang diperoleh,jadi tinggal membaca hasilnya. Cara mengukurnya ialah dengan cara memasukkan kawat ke lobang yang terdapat pada wire gauge.

Kawat yang tepat tanpa berongga masuk kedalam salah satu alur/mulut lubang, maka ukuran kawat tersebut dapat dibaca dibawah lubang itu. Kalau wire gauge dibalikkan akan terbaca nomor ukuran kawatnya.

Pada Wire Gauge terdapat 2 macam pembacaan. Dibagian muka terdapat deretan angka yang menunjukan  nomor kawat, sedangkan dibaliknya terdapat deretsn angka yang menyebutkan diameter kawat dalam satuan inchi.

Ukuran kawat dengan sandi (kode) nomor ini menurut sistem amerika serikat, sedang diameternya dalam satuan inci. Untuk kita yang menggunakan sistem metrik agak menemui kesulitan. Tetapi mengetahui sistem lain tidak ada buruknya sebab kemungkinan akan menghadapi sewaktu waktu.

Besar kawat tembaga yang umum dipakai untuk keperluan instalasi rumah ialah nomor 14 dengan diameter 0,064 atau kawat tersebut berpenampang 2 mm. No 14 ialah ukuran minimum yang boleh dipakai dalam pekerjaan instalasi rumah.

Semakin kecil no kawat, semakin besar penampangnya. Kawat terbesar bernomor 000 sedangkan terkecil nomornya 40. Kebiasaan pemakaian kawat menurut nomor ialah sebagai berikut :

Kawat no 18 dan no16 terutama dipakai untuk snur yang fleksibel, untuk sistem isyarat atau yang semacam, secara relatif kecil. No 14 sampai no 2 umumnya digunakan untuk pemasangan instalasi  rumah dan bangunan. Pertanian dan juga industri.

Nomor nomor genap misalnya 18, 16, 14, 12 dan selanjutnya kawat yang dipakai, sedangkan no gasal yaitu  15, 13, 11 dan sebagainya umumnya digunakan dalam bentuk kawat magnit untuk pembuatan no, transfomator dan sebagainya.