Penyebab korsleting listrik

Listrik adalah suatu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dalam berbagai kehidupan manusia semua kegiatannya menggunakan listrik baik dirumah dikantor maupun diberbagai kegiatan manusia lainnya menggunakan listrik. Memang tidak bisa dipungkiri jaman sekarang ini kalau listrik pln padam pasti ada yang kurang terasa hidup serasa hampa,karena hidup ini sudah ketergantungan yang namanya listrik.


Bisa penulis  contohkan seperti rumah tempat tinggal kita sendiri pasti mempunyai listrik untuk menerangi rumah kita.  Disamping instalasi yang kita punya tentu kita mempunyai peralatan yang menggunakan listrik contohnya mejicom atau pemanas nasi, blender, kipas angin, dispenser ,kulkas, televisi ,handphone, komputer dan lain sebagainya. Jika dilihat dari masing masing perlatan rumah tangga kita tentu memiliki steker masing masing yang berfungsi untuk menyuplai arus listrik.

Dari berbagai kasus yang sering kita dengar baik televis maupun media lain nya salah satu penyebab faktor kebakaran adalah korsleting listrik. Hal ini tentu mempunyai sebab akibat dimana faktor kebakaran  adalah akibat tidak pahamnya seorang instalator dalam pemasangan listrik. Ketika kita menilisik suatu instalasi tentu harus berpatokan pada puil yang sudah dibuat para ahli ahli kelistrikan untuk mengacu pada standarisai internasional untuk mencegah terjadinya resiko kebakaran yang fatal.

Faktor kebakaran lainnya dalam korsleting listrik adalah pemilhan bahan yang kita pergunakan adalah tidak standar. Contoh seperti penggunaan kabel yang tidak standar. Misalnya sebuah AC dirumah kita menggunakan kabel pada instalasi rumah kita kabel yang dipergunakan kabel 1mm, sementara kita menggunakan AC ada tiga buah kita tahu bahwa AC menggunakan daya listrik yang sangat besar. Dan apa yang akan terjadi tentu menimbulkan bunga api yang lama kelamaan akn mengakibatkan kebakaran.

Hal lain yang menimbulkan resiko kebakaran adalah penumpukan steker peralatan rumah tangga kita pada suatu stop kontak yang memiliki lima lobang padahal ini menggunakan daya masing yang sangat besar yang bisa mengakibatkan kabel stop kontak panas dan bisa mengakibatkan resiko kebakaran. Itulah penyebab kebakaran yang terjadi pada instaslasi listrik. Saran penulis hindarilah resiko kebakaran dengan mengindahkan yang tertuang pada Puil , semoga bermanfaat.9