KERUSAKAN PADA MESIN CUCI SAMSUNG DIAMOND DRUM


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai perbaikan mesin pencuci pakaian yang tidak hidup atau benar – benar mati total tanpa ada gerakan sama sekali atau dengan kata lain disebut mati totalKerusakan mesin cuci seperti ini Biasanya disebabkan oleh ketidak adaannya aliran listrik yang masuk pada motor listrik (dinamo), sehingga dinamo tidak berputar dan mesin cuci pun tidak bergerak. Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini diperlukan ketelitian dalam menyusun kabel, karena biasanya pada bagian kabel (arus listrik) penyebab kerusakan ini.

Berikut adalah uraian singkat dari kerusakan2 yang sering terjadi pada mesin cuci samsung type diamond drum dan cara mengatasinya.  

1. Keluar asap pada bagian esel pintu : Penyebabnya adalah socket penghubung antara modul dan mesin lembab sehingga socket tersebut konslet dan terbakar. Cara mengatasinya dengan membuang socket tersebut, potong kabel2 yang terhubung kemudian sambung kembali sesuai dengan warna kabel tersebut.  

2. Semua tombol berfungsi kecuali tombol start sehingga mesin cuci tidak dapat beroperasi sama sekali : Penyebabnya adalah jalur kelistrikan tombol start pada modul putus sehingga arus tidak mengalir ketombol start. Cara mengatasinya, pada modul terdapat kawat jumper pinout dengan kode J12 dan J26 ,kedua kawat tersebut adalah pinout dari IC KID65783AF yang terhubung dengan kedua kaki tombol start, biasanya jalur J12 yang terputus. Solder kawat J12 berikabel secukupnya kemudian sambungkan kesalah satu ujung kaki tombol start (yg terdekat dengan elco 22uf/450v) sebelum menjumper sebaiknya cobalah dulu dengan mengkonek (menghubungkan sesaat) kawat J12 dan J26 apakah mesin dapat beroperasi jangan lupa pencet tombol power sebelum mengkoneknya.  

3. Tidak bisa mengisi air : Penyebabnya adalah selenoid tidak bekerja sehingga air dari kran tidak bisa mengalir masuk ketabung. Cara mengatasinya cex selenoid apakah masih dalam kondisi baik tidak terbakar/konslet bisa dilihat dari bentuk fisiknya bila terbakar/konslet bisa dipastikan bagian modul juga ikut konslet terutama pada bagian triac ACS1086S, untuk mengganti triac tidak harus sama serinya biasa juga dengan seri BCR1AM, BCR08, BT131, atau transistor triac yang sejenisnya.  

4. Air tidak bisa terkuras dan muncul kode 5E : Penyebabnya adalah drain motor tidak berfungsi karena arus listrik yang menuju drain motor tersebut tidak ada, hal ini sering terjadi karena resistor (620 ohm) pemicu gate triac ACS1207S mati (lihat gbr.03) atau jalur dari IC ILN2003 yang menuju resistor tersebut putus (lihat gbr.04). Jika ternyata drain motor masih berfungsi dan bisa menarik katup seal pembuangan air maka bisa dipastikan lubang pembuangan air tersumbat kotoran atau uang logam.  

5. Mesin mengisi air dan membuang air secara bersamaan : Penyebabnya adalah jalur socket kabel selenoid dan drain motor pada modul konslet (lihat gbr.02). Cara mengatasinya dengan membuka plastik bagian bawah socket tersebut menggunakan solder yg sudah dipipihkan ujungnya, akan terlihat ujung jalur selenoid dan drain motor pada pcb yang letak solderannya sangat berdekatan kedua jalur tersebut terjadi jalur karbon sehingga kedua jalur tersebut terhubung, pisahkan jalur karbon menggunakan pisau cutter hingga bersih sehingga keduanya tidak terhubung lagi.  

6. Bocor : Penyebabnya adalah selang kontrol water level pada tabung lepas. Cara mengatasinya, buka tutup belakang mesin kemudian cari selang kecil berwarna bening yang terlepas dari tabung kemudian pasangkan kembali.  

7. Tidak bisa proses pengeringan : Penyebabnya adalah pada saat pencucian pulsator hanya berputar searah saja yaitu kekiri, ini bisa dideteksi dengan cara pencet tombol power dan start kemudian perhatikan putaran pulsator (tanpa pakaian). Cara mengatasinya, biasanya resistor dengan nilai 300 ohm putus (lihat gbr.02) resistor tersebut adalah pemicu gate pada triac BCR12LM atau jalur dari IC ILN2003 yang menuju resistor tersebut putus.

8. Mucul kode 1E pada display : Penyebabnya adalah water level rusak/bermasalah atau kabel yang terhubung ke water level putus karena dimakan tikus.  

9. Mucul kode 4E pada display : Penyebabnya adalah suplay air dari kran kurang kencang sehingga pengisian air terlalu lama cex filter pada selenoid biasanya tersumbat kotoran atau selang kontrol water level lepas.   

10. Karena kecilnya jalur pcb seringkali jalur tersebut putus sehingga mesin tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya, gambar dibawah (gbr.04) adalah jalur yang sering putus dan untuk mengatasinya bisa dengan menjumper jalurnya dengan paduan gambar dibawah.