Cara memasang lampu secara seri






Instalasi listrik adalah suatu rangkayan listrik dimana komponen yang satu dihubungkan  dengan komponen yang lainnya. Dalam hal prakteknya instalasi listrik suatu keharusan yang haru kita miliki, hal ini disebabkan karena kita selalu berhubungan dengan instalasi listrik karena dimana anda berada disitu ada listrik.


Listrik memang suatu kebutuhan yang sangat vital, seperti contoh misalnya jika pln mematikan genset mungkin kita merasa sesak napas karena kita sudah ketergantungan sama listrik seperti jaman modern ini hp merupakan suatu kebutuhan dan untuk menyalakan hp tersebut perlu power atau daya listik. Itulah sekelumit gambaran bahwa listrik merupakan  vital.

Sesuai dengan judul artikel diatas cara memsang lampu secara seri akan saya jelaskan bagaimana cara membuat rangkayan hubungan seri dalam instalasi antara lain

1. Siapkan tang ,obeng,

2. Siapkan kabel

3. Siapakan Mcb

4. Siapkan fiting lampu

4. Siapkan bola lampu

Siapakan saklar

Cara membuat instalasi secara seri


1. Letakkan posisi Mcb ,saklar ,fitting lampu, pada tempat yang telah ditentukan

2. Pasang kabel pada terminal Mcb kemudian terminal output Mcb ke input saklar dan saklar output disambungkan ke terminal fitting lampu dan terminal output fitting lampu satu dihubungkan dengan terminal input fitting lampu kedua dan terminal output dua dihubungkan kabel untuk terminal input fitting lampu 3 dan terminal output fitting ke tiga dihubungkan langsung ke netral jika yang  kita instalasi hanya 3 buah lampu dan jika anda ingin menghubungkan secara seri lebih dari  3 lampu caranya sama.

3. Dan untuk mencobanya tinggal naikkan aja Mcb  dan juga naikkan saklarny keposisi ON

Kelemahan dalam instalasi secara seri adalah jika diantara salah satu bola lampu ada yang putus maka instalasi tersebut tidak akan berfungsi secara baik atau mati total karena lampu yang satu dengan yang lain saling ketergantungan berbeda dengan hubungan secara paralel jika salah satu bola lampu dalam rangkayan tersebut mati maka lampu yang lain tidak terpengaruh karena dia berdiri sendiri.

Demikianlah artikel cara memasang lampu secara seri semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.