cara membuat rangkayan star delta pada motor listrik 3 fasa

Motor listrik 3 fasa memiliki daya yang berbeda beda mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Seperti contoh dari 1/4 hp hingga ratusan hp. Motor listrik kita kenal banyak kegunaannya seperti di rumah tangga hingga ke industri. Di rumah tangga misalnya pompa air digunakan untuk menyedot air bila rumah kita belum teraliri instalasi PDAM.

Begitu juga di industri motor listrik banyak dipergunakan untuk menggerakkan mesin mesin industri seperti conveyeer, lift air dan lain sebagainya. Dengan demikian perlu dibutuhkan teknisi teknisi listrik yang handal untuk mengaplikasikan cara mengoperasikan motor motor listrik tersebut.

Seperti judul artikel diatas cara membuat rangkayan motor listrik star delta secara lengkap. Sebelum membuat rangkayan tersebut ada kalanya kita harus tau bahan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, berikut bahan yang dipergunakan dalam membuat rangkayan star delta :

1. Kontaktor magnet
2. GV saklar 3 fasa
3. Timer
4. Tombol on/off
5. Thermal over load
6. Auxeleri
7. Satu set perlengkapan star delta
8. Dan lain sebagainya

Setelah kita mengenal peralatan star delta sekarang kita akan membuat rangkayan star delta. Dalam rangkayan listrik kita mengenal dua rangkayan. Diantara dua rangkayan tersebut antara lain :

1. Rangkayan kontrol.


Yang dimaksud dengan rangkayan kontor dimana rangkayan ini digunakan untuk megendalikan rangkayan utama dimana motor akan dihidupkan dan dimatikan  melalui rangkngkayan kontrol.

2. Rangkayan utama

Rangkayan utama adalah suatu instalasi motor yang dipasang langsung melalui  dari breaker langsung ke kontaktor dan dari kontaktor langsung ke motor listrik

Cara kerja motor listrik star delta

Pada umumnya rangkayan star delta memiliki ke unggulan dari pada rangkayan lain karena memiliki dua hubungan yaitu hubungan star dan hubungan delta. Pada saat motor dihidupkan maka rangkayan akan dihubungkan secara star dimana pada arus kan memaki daya yang sangat besar dan selang beberapa menit hubungan motor akan terhubung secara delta secara terus menerus sampai motor di off kan.

Demikianlah cara membuat rangkayan star delta semoga bermanfaat bila ada yang kurang jelas dapat berkomentar di kolom kementar semoga  bermanfaat