Pengertian Transmitter dalam ilmu instrumentasi

Transmitter adalah nama sebuah alat instrumentasi yang sangat popular, ketika orang pertama kali mengenal ilmu instrumentasi akan langsung menemui istilah transmitter. Transmitter dalam ilmu instrumentasi adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan ( mentransmit) kondisi besaran proses sehingga keadaan pada tempat tersebut dapat dilihat, dipantau atau dikendalikan dari suatu tempat yang jauh (remote). Oleh karena itu transmitter mempunyai banyak sekali jenisnya, biasanya nama transmitter disesuaikan dengan besaran proses yang dipantaunya, seperti transmitter untuk memantau tekanan ( pressure) disebut Pressure Transmitter disingkat PT, transmitter untuk memantau besaran proses suhu disebut Temperature Transmitter disingkat TT, transmitter untuk mengukur besaran proses aliran (Flow) disebut Flow Transmitter disingkat FT, transmitter untuk memantau besaran proses ketinggian permukaan tangki disebut Level Transmitter disingkat LT. Contoh penggunaan level  transmitter dapat dilihat pada gambar dibawah ini
level kontrol otomatis
Dari berbagai jenis transmitter seperti tersebut diatas, dapat dipilah-pilah lagi berdasarkan prinsif kerjanya.
Pressure transmitter berdasarkan prinsif kerjanya dapat dibedakan menjadi beberapa type yaitu; Differential pressure transmitter, Strain gauge pressure transmitter, Piezo electric pressure transmitter dan lain-lain.
Level Transmitter berdasarkan prinsif kerjanya terdiri dari Differential pressure level transmitter, Radar level transmitter, capacitance level transmitter, Hall effect level transmitter, Displacer level transmitter dan lain-lain.
Flow Transmitter berdasarkan prinsif kerjanya dapat dibedakan menjadi beberapa kategori diantaranya; Magnetic flow transmitter, Displacer flow transmitter, Vortex flow transmitter, Coriolis flow transmitter dan lain-lain.
Temperature transmitter terdiri dari 2 jenis sensor yaitu RTD ( Resistance Temperature Detector) dan TC (Termocouple) adapun jenis RTD itu sendiri ada beberapa macam misalnya PT 100 yaitu RTD yang terbuat dari bahan platinum dengan referensi 100 Ohm sama dengan nol derajat Celsius, selain itu ada PT 500, PT 1000 dan jenis RTD lain. Sedang untuk termocouple juga terdiri dari beberapa macam diantaranya TC type K, TC type R, TC type S dan lain-lain, masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.
Penjelasan lebih lanjut mengenai prinsif kerja berbagai alat instrumenttasi diatas akan dibahas dalam postingan selanjutnya.