Cara setting thermal over load


Dunia listrik memang asyk untuk dipelajari selain kita bisa menemukan ide kreative kita juga akan senang bila kita akan menemukan hasil yang memuaskan dari hasil rangkayan yang sudah kita rakit sendiri. Namun dibalik itu semua untuk menemukan hasil tersebut  perlu kita mengetahui peralatan yang kita gunakan, bahan bahan yang kita gunakan , membuat atau merangkai bahan yang kita gunakan serta megetahui fungsi peralatan dan fungsi dari bahan listrik yang kita gunakan.

Ketekunan adalah kunci dari keberhasilan itu kata pepatah orang pintar. Maka dari itu seorang teknisi listrik perlu harus sudah mengerti apa yang saya terangkan diatas untuk itu dalam artikel kali ini saya akan membahas sebuah peralatan listrik yang berfungsi untuk mengatasi over current dalam sebuah rangkayan listrik yang disebut Thermal Over load yang biasa dipasang atau dirangkai bersamaan dengan contaktor.

Dan disini akan saya jelaskan bagaimana cara mensetting Thermal Over Load berikut langkah langkah cara mensettingnya antara lain :

1. Lihat atau baca namplate motor listrik yang bertuliskan arus nominalnya

2. Sediakan tang ampere

3. Sesuaikan arus nominal motor dengan TOR misalnya di namplate tertulis arus nominal tertera 5A maka settinng TOR 5A juga.

4. Jika anda suda setting sesuai tor seperti yang ada di namplate maka jika arus motor melebihi dari arus nominal maka TOR akn memutus arus ke motor tersebut karena melebihi arus yang disetting.

Demikianlah artikel cara setting Thermal Over Load semoga bermanfaat terimakasih