Cara membuat ladder diagram

Ladder diagram atau diagram tangga adalah suatu diagram yang  ada dalam rangkayan listrik yang difungsikan untuk membuat pengontrolan terhadap rangkayan listrik. Karena dalam bidang listrik terdapat dua rangkayan antara lain rangkayan kontrol dan rangkayan utama. Di sekolah kejuruan terutama jurusan listrik instalasi sudah barang tentu sudah diajarkan cara membuat diagram ladder.

Dan jenis diagram ini  bermacam macam tergantung instruktur yang mengajarkannya ada diagram kontrol listriknya yang diagramnya memanjang secara horizontal dan ada pula diagram kontol listriknya yang diagramnya memanjang kebawah atau secara vertikal. Dan ini tentunya memiliki fungsi yang sama tergantung yang mempelajarinya.

Artikel sebelumnya admin sudah menuliskan cara  menentukan system apa yang di kontrol dan cara menghitung jumlah input/outputny yang akan dikontrol. Dan selanjutnya saya akan mengupas cara membuat ladder diagram. Sesuai dengan system cara kerja seperti pada halaman sebelumnya. Lihat gambar di bawah ini line yang berwarna hijau menunjukkan bahwa line tersebut hidup.

Pada waktu tombol star ditekan maka output 6.00( internal relay ) akan hidup dan langsung menghidupkan output 100.00 yang bisa dihubungkan langsung ke relay external untuk menghidupkan motor. Disini ada dua output relay externsl dimana output 100.00 untuk maju dan output 100.01 untuk mundur.

Seelah output 100.00 hidup/motor bergerak maju dan selanjutnya akan menyentuh limit switch 1 maka output 100.00 akan mati. Dan kontak N/O limit switch 1 juga tersentuh maka output100.01 akan hidup/motor akan bergerak mundur sampai menyentuh limit switch 2 maka output 100.00 akan hidup lagi motor akan bergerak maju lagi begitu seterusnya sampai tombol stop ditekan baru akan berhenti/mati semuanya.

Demikianlah cara membuat ladder dalam membuat program di plc. Smoga bermanfaat dan menginspirasi anda dalam membuat rangkayan berkualitas. Thanks