5 Hal yang perlu dalam menyetting inverter


Inverter adalah suatu alat yang dipergunakan untuk mempermudah pekerjaan dalam bidang rangkayan listrik. Dan sebelum kita menggunakanya ada hal yang penting harus kita ketahui adalah menyetting inverter. Penyettingan diperlukan untuk mengatur kesesuaian data motor yang kita pergunakan. Hal hal yang  yang berkaitan tersebut antara lain :

1. Tegangan satuanya volt
2. Arus satuannya ampere
3. Frekuensi satuannya herzt
4. Putaran satuannya rpm
5. Qosfi

Dan cara memasukan data kedalam inverter dengan merek inverter schneider atau telemecanique seperti gambar diatas diperlihatkan beberapa tampilan depan "esc dan ada tombol berbentuk potensio bulat besar dan lain sebagainya dan caranya sebagai berikut:
1. Hidupkan power
2. Setelah hidup power tekan esc cari kode inverter tegangan
3. Masukkan nilai tegangan misalnya 380 dengan memutar potensio kekiri dan kekanan
4. Setelah nilai tegangan masuk tekan potensio untuk mengenter
5. Selanjutnya untuk mengganti tegangan dan memasukan kode arus tekan esc

Dan untuk memsaukkan kode kode lainnya lakukan seperti yang saya utarakan mulai  1-5 dan masalah kode kode inverter akan admin tulis di artikel selanjutnya.

Dalam penyetingan inverter diperlukan teknis khusus untuk memasukan data karena inverter merupakan suatu alat yang sangat kompatibel dan sangat membantu kita dalam segala pekerjaan terutama di industri. Maka untuk itu kita perlu mempelajari cara memakai alat ini. Dipasaran kita banyak kita jumpai merek merek dipasaran seperti toshiba,scheneder,mitsubishi dan lain sebagainya.

Adapun fungsi dari inverter adalah untuk memudahkan pekerjaan kita salah satu fungsi utama adalah bisa kita mengatur frekwensi motor listrik. Artinya bila kita menururunkan frekwensi motor maka putaran motor listrk akan melambat dan apabila frekwensi nya kita naikan maka putaran motor listrik akan semakin kencang. Selain frekwensi motor listrik  yang bisa kita atur kelebihan inverter lainnya adalah bila terjadi korsleting listrik biasanya akan mengeluarkan pesan dilayar sesuai apa yang dikontrol inverter dan apabila suatu rangkayan listrik dalam mengoperasikan motor tanpa inverte maka korsleting listrik akan membuat gulungan motor menjadi terbakar.

Sebelum menggunakan inverter alangakah baikanya kita mengambil data motor yang kita pakai. Karena data motor tersebut sangat penting untuk mengoperasikan motor tersebut. Jika data motor tidak dimasukan ke inverter maka suatu rangkayan tidak akan berfungsi sama sekali.

Demikianlah hal hal yang perlu diperhatikan semoga bermanfaat