Cara memasang kapasitor Bank pada instalasi rumah


Seperti kita ketahui kapasitor adalah suatu alat atau komponen electronika yang mempunyai fungsi untuk menyimpan arus. Berdasrkan pengertian tersebut maka bisa kita asumsikan bahwa kapasitor adalah untuk memperbaiki sistem faktor kerja. Dalam electronika kita mengenal berbagai kapasitor dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar dan dalam berbagai fungsi kapasitor memiliki banyak kegunaan.

Pemakaian kapsitor banyak terdapat diperalatan elktronoik di rumah tangga seperti adaptor atau yang sering kita pergunakan dalam kamera cctv, charger hp, pompa air, AC (air conditioner) atau mesin pendingin dan masih banyak contoh yang lain tidak mungkin saya beberkan satu per satu dihadapan agan agan sekalian.

Berdasrkan contoh peralatan diatas mungkin kita berpikir apa sih kegunaan pada peralatan tersebut dan menurut pendapat saya difungsikan untuk menyimpan arus. Seperti misalnya AC pendingin difungsikan sebagai staring kompressor atau fan untuk menghidupkan fan nya. Apabila kita alirkan power ke fan AC tersebut tanpa kapasitor barangkali fannya tidak akan hidup dan mungkin akan berdengung dan bila kita  bantu dengan tangan fan akan hidup dari kasus tersebut bisa saya simpulkan bahwa fan tersebut memerlukan arus starting.

Sesuai dengan judul artikel yang akan kita bahas ini adalah " cara memsang kapasitor bank di instalasi rumah"  hal ini diperlukan untuk faktor kerja kosfi artinya bisa mengurangi rugi rugi tegangan . Misalnya jika tegangan yang sampai kerumah kita 220 voltampere dengan daya 4A atau 900 watt. Artinya sesuai dengan daya 900watt yang di alirkan PLN belum tentu dayanya 900 watt sampai kerumah karena rugi rugi tegangan, rugi tegangan diakibatkan jauhnya rumah kita dari trafo pln.

Untuk itulah saya akan membagikan sedikit bagaimana mengurangi kerugian tersebut atau memperbaiki faktor kerja nya. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut :

1. Sediakan kapasitor 6 mikrofarad
2. Sediakan segala peralatan listrik seperti obeng tang
3. Sedian kabel seperlunya

Dalam penyambungannya sangat sederhana , pertama matikan power listrik dengan cara mematikan breaker yang ada di dalam rumah. Kemudian sambungkan kabel ke kutub positip yang ada di kapasitor dan kutub negativnya. Hubungkan kutub positif kefasa pln atau yang ada apinya kalau kita tespen. Dan kutub negative nya ke netral pln secara langsung. Biasanya posisi penempatannya.kapasitor tersebut berada di sumber tegangan atau breaker pengaman yang didalam atau output breaker tersebut  seperti gambar di bawah ini

Setelah kita pasang kapasitor dalam insatalasi rumah kita pasti ada perobahan karna ada perbaikan faktor kerja sperti pengalaman penulis. Demikianlah yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Thanks