Cara membuat rangkayan pressure switch

Pressure switch adalah suatu komponen kontrol rangkayan listrik  yang dipergunakan untuk pengoperasian rangkayaannya secara otomatis tanpa dikerjakan manusia. Dalam pelaksanannya mungkin bagi orang yang belum pernah membuat  pengendali mesin mesin yang memiliki unsur tekanan rangkayan inilah yang akan kita buat seperti kompressor yang dipergunakan para tempel ban yang mempergunakan motor listrik dan perusahaan yang mempergunakan banyak air dan harus memiliki tekanan supaya memperlancar produksi.

Salah satu terpenting yang harus diperhatikan dalam penggunaan pressure switch adalah pengaturan tekanan yang terdiri dari 2 (dua) mur yang terdapat dalam pressure switch jika kita membuka covernya . Fungsi dari mur per tersebut untuk menurunkan dan menaikkan tekanan

Mur pengatur besar.
Perubahan tekanan cut-in dan cut-off secara bersamaan / simultan kearah atas (pada tekanan tinggi) dan ke bawah (tekanan rendah) ini disebut mur pengatur range atau jangkauan. Jangkauan yang dimaksud adalah jangkauan tekanan cut-in ke cut-off.

Jadi ini memiliki efek menaikkan atau menurunkan berbagai tekanan operasi switch. Contohnya begini: Jika anda setting 20/40 ( maksudnya: 20psi adalah posisi ON, 40psi adalah posisi OFF), kemudian anda kencangkan mur ini (arah kanan tentunya) sebanyak 3 ½ putaran, maka dengan begitu anda telah meningkatkan tekanan operasi menjadi 30/50 (30psi adalah posisi ON dan 50psi adalah posisi OFF).

Biasanya mur besar pada sebagian besar kontrol tekanan pompa penyesuaian cut-on (cut-in) dan cut-off secara bersamaan. Itu berarti ada kesenjangan atau istilah teknik-nya diferensial antara tekanan cut-on dan cut-off, rentang nilai itu bertahan tapi dapat dinaikkan dan diturunkan (secara bersama-sama).

Arah putar searah jarum jam pada mur besar ini berarti menaikkan nilai tekanan cut-on dan cut-off, jadi memutar searah jarum jam tersebut merubah kedua nilai tekanan tersebut.Sebaliknya, jika memutar berlawanan arah jarum jam, artinya secara besamaan pula merubah kedua nilai tekanan tersebut (selalu diingat kedua tekanan tersebut adalah tekanan cut-on dan cut-off).

Mur pengatur kecil
Mur pengatur kecil seperti gambar diatas, adalah untuk merubah nilai diferensial antara cut-on dan cut-off.

Cara membuat rangkayan dalam penggunaan pressure switch

Demikianlah cara membuat rangakan otomatis mesin kompressor secara otomatis mati hidupnya kompressor secara otomatis semoga bermanfaat.thanks