Cara membuat rangkayan menghidupkan dan mematikan lampu dengan Fotosell (sensor cahaya) secara lengkap


Di jalan raya banyak kita melihat lampu jalan untuk menyinari jalan raya yang dilalui banyak kendaraan ataupun orang yang lalu lalang. Mungkin kita sebagai manusia normal kita berpikir apakah lampu jalan ini orang menghidupkan satu persatu, di zaman serba modern dan serba digital ini  barangkali sudah ada pemikir yang mengarah kesini untuk membuat suatu alat untuk menghidupkan banyak lampu dengan sensor cahaya (foto cell)

Cara kerja alat ini adalah sangat sederhana. Di bumi kita kenal untuk menyinari dunia adalah matahari pencahayaan yang diciptakan sang pencipta. Adapun cara kerja dari fotocell atau sensor cahaya ini adalah bila keadaan cuaca dalam keadaan gelap maka arus listrik akan mengalirkan arus kerangkayan sehingga lampu akan menyala, dan sebaliknya jika keadaan cuaca dalam keadaan terang maka fotocell akan memutuskan arus kerangkaya sehingga lampu tidak akan menyala.

Dengan adanya sensor cahaya maka pekerjaan manusia akan dikurangi  untuk menghidupkan banyak lampu. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah cara membuat rangkayannya jangan sampai tidak mengerti cara menginstalasi fotocell tersebut yang bisa meyebabkan korsleting listrik.

Berikut gambar rangkayan instalasi menghidupkan lampu menggunakan sensor cahaya (foto sell)

 demikianlah cara memasang instalasi menghidupkan dan mematikan lampu menggunakan sensor cahaya (fotosell) semoga bermanfaat. Bila ada saran dan kritik bisa dilayang melalui kolom komentar thanks.