Cara menggunakan Mistar ingsut

 Alat ukur presisi yang dapat dipakai untuk mengukur ukuran luar, dalam, tinggi benda. Mistar ingsut dapat mengukur tebal benda 0,1 atau 0,05 mm, dalam ukuran inci 1 / 1 28" 

Pada mistar terdapat dua macam ukuran, inci di bagian atas dan metrik di bawah. Pada rumah yang dapat digeser-geserkan terdapat ukuran serupa yagn disebut dengan nonius. Ada nonius yang bergaris 1 0 dan 20 ukuran metrik. Kalau 9 mm garis mistar ter dapat 1 0 garis nonius, ketelitian pengukuran sampai 1 /1 0 mm. Berarti tiap garis nonius berharga  mm. Jika panjang garis mistar 1 9 Mm terdapat 20 garis nonius, maka ketelitiannya mencapai 0,05 mm. Jadi tiap garis nonius bernilai 0,05 mm. Ada juga 1 0 garis nonius di bawah 1 9 garis mistarnya.

Hal ini dimaksudkan untuk memperjelas pembacaan saja, sedang tiap garis nonius bernilai 0, 1 mm. Untuk ukuran inci tiap 7 1 6" di atasnya terdapat 8 bagian nonius, ini berarti tiap bagian garis nonius bernilai 1 1 28 

Demikian penjelasan singkat cara penggunaan mistar ingsut yang ada hubungannya dengan pengukuran diameter kawat. Cara penggunaan mistar ingsut untuk mengukur diameter lubang, kedalaman benda dan sebagainya dapat mempela  jarinya dari buku Teknologi Mekanik misalnva.